--> Skip to main content

Kolom iklan

Prospek Bisnis Toko Kelontong Dan Sembako Di Rumah

Tertarik buka warung sembako atau toko kelontong di rumah? Syarat utamanya tentunya keinginan dan kemauan. Syarat lainnya perhatikan apakah dalam radius 200-300 meter terdapat minimarket atau tidak? Karena mereka bisa menjadi pesaing usaha ini. Meskipun demikian Prospek bisnis Toko Kelontong dan sembako di rumah cukup menjanjikan karena nilai jual dagangan di Minimarket terhitung agak mahal sekarang ini. Jangan ragu untuk memulai Peluang usaha Bisnis sembako dan kelontong di Rumah masih bisa untuk diandalkan. Bahkan untuk konsumen yang ingin berbelanja sedikit sepertinya lebih nyaman beli di toko kelontong dibanding beli di minimarket. Di Toko sembako atau kelontong mereka bahkan beli gula seperempat kilogram contohnya saja.

Prospek Bisnis Toko Kelontong Dan Sembako Di Rumah

Bisnis Toko Kelontong memang bukan sebuah bisnis baru. Bisa dikatakan bisnis yang satu ini akan diperlakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, perlu Anda cermati bahwa bisnis ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan minimarket yang kini mulai bermunculan dimana-mana. Toko kelontong bisa didirikan hampir dimana saja, bahkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan minimarket seperti di daerah perkampungan atau gang-gang kecil. Di samping itu, binis toko kelontong juga bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah. Itulah mengapa banyak para ibu-ibu rumah tangga sangat berminat untuk menjalanakan bisnis toko kelontong di rumah. Di toko kelontong biasa menjual hampir semua kebutuhan sehari-hari dan harganyapun terjangkau. Bisnis rumahan ini bisa saja dimulai dengan modal yang relatif kecil dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Target Konsumen
Target konsumen Anda adalah para tetangga dan lingkungan di sekitar rumah Anda.

Info Bisnis
Untuk memulai bisnis toko kelontong di rumah ini cukup mudah. Yang pertama Anda siapkan adalah tempat untuk berjualan. Fungsikan garasi, teras atau halaman rumah Anda. Anda bisa merombak dan memodifikasi sedikit ruang tersebut untuk menempatkan barang-barang dagangan Anda, paling tidak Anda dapat menyiapkan tempat minimal seluas 9 meter persegi. Selanjutnya ruangan itu lengkapi dengan rak, etalase, dan tali plastik, sebagai tempat memajang barang-barang yang dijual seperti mie instant, shampo, sabun, gula, minyak goreng, aneka jajanan anak-anak, dan lain-lain.

Sebagai pedagang pemula dalam bisnis toko kelontong ini, para agen atau distributor barang-barang kebutuhan sehari-hari belum mengenal Anda. Maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mendatangi agen-agen atau distributor tersebut untuk menjadi pelanggannya.

Kunci Sukses
Sebaiknya Anda memperhitungkan antara tempat yang akan Anda gunakan sebagai tempat usaha dengan toko kelontong yang sudah ada. Jangan terlalu dekat, apalagi jika ternyata bertetangga. Karena untuk menghindari persaingan yang tidak sehat, yang dapat membuat hubungan dengan orang menjadi kurang baik.
Baca Juga : Prospek Bisnis Toko Mainan Anak
Perhatikan kelengkapan bahan atau barang kebutuhan yang Anda jual. Jika stok hampir habis, sebaiknya Anda segera mencarinya, agar pelanggan tidak kecewa. Untuk memulainya dibawah ini ada contoh Estimasi Biaya Toko Kelontong. Dibawah ini ada sedikit contoh perhitungannya untuk detailnya anda bisa survey harga terbaru dan budget yang anda miliki saat ini.

Analisa Usaha
Sulit untuk diperkirakan analisis usaha toko kelontong. Karena pengeluaran dan pemasukan yang 
diperoleh setiap harinya tidak teratur.
Modal awal
Peralatan
Persediaan barang dagangan               Rp 10.000.000,.
Rak, etalase, dan tali                   Rp 5.000.000,.
Jumlah                                   Rp 15.000.000,.
Penyusutan peralatan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 5000,. 
dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. 
Perlengkapan
Kantong plastik                           Rp   100.000,.
Jumlah                                    Rp   100.000,.
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
Rp 200.000,. x 30 hari                    Rp 6.000.000,.
Biaya-biaya
Belanja barang dagangan                   Rp 2.000.000,.
Biaya perlengkapan                        Rp   100.000,.
Biaya lain-lain                           Rp   100.000,.
Jumlah                                    Rp 2.200.000,.
Laba/(rugi) bersih
= Pendapatan – biaya-biaya
= Rp 6.000.000 – 2.200.000 =              Rp 3.600.000,.

Semoga Peluang usaha Bisnis Toko Kelontong ini bisa menjadi inspirasi bagi anda yang memerlukannya. Perihal nilai modal persediaan barang dagangan bisa disesuaikan dengan kemampuan anda. Perhitungan diatas hanya sekedar illustrasi bisnis saja. bisa dimulai dengan modal 5 juta ataupun berapapun yang anda mampu. Untuk penghasilan harian biasanya tergantung lokasi toko strategis atau tidak, ada pesaing atau tidak dan loyalitas dari pelanggan toko kelontong yang suka berbelanja di toko anda. Keuntungan biasanya dimulai dari Rp.50.000/hari dan terus meningkat seiring waktu.
referensi:berbisnisrumahan.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.