--> Skip to main content

Kolom iklan

Peluang Bisnis Jasa Sewa Sound System

Acara pernikahan, khitanan, pesta, seminar, syukuran ataupun acara-acara hiburan tentunya membutuhkan sarana dan prasarana. Sound System merupakan sarana yang selalu dibutuhkan untuk acara-acara diatas. Hal ini merupakan peluang usaha  yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Peluang Bisnis Jasa sewa sound system ini jarang dilirik calon wirausaha karena dinilai kurang familiar dan investasinya cukup mahal. Tapi justru usaha inilah yang memberikan peluang penghasilan yang cukup baik bagi pelakunya.


Sound system merupakan salah satu peluang bisnis dikarenakan biasanya panitia acara tidak memiliki sound system sendiri. Dan di sinilah Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan berbisnis jasa mendirikan sewa/ rental sound system. Keuntungan bisnis ini adalah mudah pengelolaannya, jika sobat mau berpromosi dan melakukan marketing maka setiap minggu paling tidak ada satu acara yang membutuhkan sound system. Sudah banyak terbukti banyak pelaku usaha yang mampu meraih omset sampai puluhan juta setiap bulannya.

Konsumen
Konsumen usaha ini adalah instansi / perusahaan / masyarakat yang memiliki hajatan atau kegiatan – kegiatan yang membutuhkan sound sistem lengkap. Baik dari masyarakat kalangan menengah ke bawah sampai masyarakat menengah ke atas, mencari jasa sound sistem ketika mereka sedang memiliki acara hajatan.

Info Produk
Awalnya mudah saja, mulailah dengan survey perangkat sound system terlebih dahulu di majalah ataupun langsung ke toko elektronik. Ketahuilah dulu kualitas dan harganya. Kualitas perlu di survey agar pelangggan puas dan menggunakan jasa Anda kembali atau bahkan memberitahukan ke teman-temannya yang lain. Dan masalah harga, harus disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Perihal jasa sewa sound sistem, biasanya dihargai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan ribu rupiah. Tergantung dari jenis sound sistem, serta jumlah sound sistem yang dipinjamkan. Untuk penyewaan sound sistem, bisa dilengkapi dengan teknisinya. Sehingga pemilik hajatan, tinggal terima beres.

Keuntungan usaha
Acara-acara pesta dan semacamnya bisanya diadakan di akhir pekan dan hari libur, sehingga Anda bisa menjalankan usaha ini dan tetap bisa terjun langsung tanpa mengganggu  rutinitas harian Anda. meskipun anda memiliki bisnis lain dan bahkan anda masih dalam posisi bekerja bisnis ini bisa anda jalankan.

Kekurangan usaha
Peluang usaha ini memerlukan keahlian dalam hal elektronik. Selain itu juga harus mampu memenangkan persaingan, karena di setiap kota biasanya memiliki lebih dari satu usaha yang menyediakan jasa persewaan sound system. Selain itu, tidak setiap hari masyarakat memiliki hajatan. Bila sedang musim sepi hajatan, maka usaha ini pun juga ikut turun omsetnya.

Pemasaran
Untuk memulai pemasarannya Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer dan event organizer, karena cara ini dapat menguntungkan kedua belah pihak. Dalam bisnis ini juga berlaku semakin baik kualitas peralataan, akan semakin di cari oleh pelanggan. Sehingga Anda harus pintar-pintar memilih barang. Dan apabila sudah cukup banyak pelanggan, Anda dapat menyisihkan sebagian keuntungan untuk kemudian membeli peralatan baru yang lebih baik.

Selain itu Anda juga bisa mempromosikan usaha Anda dengan memasang iklan di media cetak, media elektronik dan media online. Sehingga usaha Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Anda juga bisa membagikan brosur usaha Anda di wilayah kota Anda.

Kunci Sukses
Sebaiknya untuk menjalankan bisnis ini, Anda terlibat langsung karena menyangkut alat-alat yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu pilih peralatan yang berkualitas, agar para pelanggan tidak merasa kecewa jika menggunakan jasa sound system Anda. Karena dalam bisnis jasa, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan Anda.

Apabila Anda sudah siap melangkah untuk memulai bisnis ini, berikut adalah analisa ekonomi yang dapat menjadi panduan awal bagi usaha Anda.

Analisa Ekonomi - Estimasi Bisnis
Investasi Awal*
Peralatan (cash)                    Rp 50.000.000,00
( Penyusutan peralatan setelah pemakaian 2 tahun
= 1/24 x Rp 50.000.000,00 = Rp 2.083.400,00 )

Biaya Operasional 
Penyusutan alat                     Rp 2.083.400,00
Gaji 2 pegawai @ Rp 700.000         Rp 1.400.000,00
Transportasi                        Rp   500.000,00
Listrik dan telepon                 Rp   300.000,00 +
Total                               Rp 4.283.400,00

Omset** perbulan 
1 minggu 2x pemakaian, dengan biaya @ 750.000,00
( 2 x @ 750.000,00 x 4 minggu )  =  Rp 6.000.000,00
Laba perbulan 
( Rp 6.000.000,00 – Rp 4.283.400,00 ) = Rp 1.716.600,00

ROI (Return of Investment)
Rp 50.000.000,00 : Rp 1.716.600,00  =  29 bulan

catatan: * Tergantung kualitas alat
         ** Omset tergantung musim dan jumlah pesta

Analisa diatas merupakan Estimasi bisnis, nilainya bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dana atau jenis barang. 
Semoga bermanfaat kawan .. :)
sumber: bisnisukm.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.