--> Skip to main content

Kolom iklan

Buah Nangkadak, Campuran Unggul dari Nangka Dan Cempedak

Budi daya Buah Nangkadak
Buah Nangka terkenal karena buahnya yang manis dan wangi tapi memiliki kelemahan Banyaknya serabut, getah dan kulitnya yang tebal. Sedangkan Buah cempedak Buahnya tidak terlalu manis, berkulit tipis, berbiji kecil tapi memiliki bau menyengat. Kini muncul kawinan unggulan dari dua buah diatas. Inilah Buah Nangkadak, campuran unggul dari Nangka dan cempedak. Buah Nangkadak ini memiliki kelebihan berkulit tipis, biji kecil, daging buahnya besar dan tidak terlalu bergetah. Rasanya? Manis dan mirip aroma nangka. Selain itu hanya dalam umur 2 tahun dan tinggi hanya 2 meter pohon Nangkadak siap di panen dengan jumlah panen yang berlimpah.

Satu prestasi luar biasa anak bangsa Tim Ahli Pemuliaan Tanaman Taman Wisata Mekarsari melakukan perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dan cempedak (Artocarpus integer Merr) pada tahun 2000, setelah melalui evaluasi penelitian selama tiga tahun, ditemukan tiga varietas unggul baru yaitu, nangkadak, cempeka dan pedakka.

Keunggulan Buah Nangkadak 
Dimana tumbuhan ini masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, secara umum sosok tanaman dan tipe buah dari silangan ini lebih mengarah kepada cempedak, tetapi ukuran buah yang dihasilkan serta kualitas buahnya jauh lebih unggul dan berbeda dari induk aslinya. Bentuk buah nangkadak berbentuk silindris dan berkesan padat, aroma ketika buah matang terasa sangat lembut, tidak setajam cempedak, tapi lebih mengarah pada aroma nangka.  Nangkadak memiliki tekstur daging buah lembut dan dami buah tidak lengket karena getah yang dihasilkan sedikit

Sifat Buah Nangkadak 
Keunggulan lainnya dari buah ini adalah rasanya yang sangat manis dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Buah yang dihasilkan pada musim hujan pun tetap manis, tidak seperti nangka maupun varietas cempedak lainnya yang sedikit berkurang rasa manisnya, bahkan terasa hambar jika berbuah di musim penghujan.

Masa panen Buah Nangkadak di mekar sari, tinggi pohon hanya 2 m dan berbuah banyak dan menguntungkan.
Buah Nangkadak, campuran nangka dan cempedak

Masa Panen Buah Nangkadak 
Berbeda dengan pohon nangka pada umumnya yang ketinggiannya dapat mencapai 20 hingga 30 Meter untuk ukuran nagka besar dan 6 sampai 8 Meter untuk ukuran nangka kecil, pohon Nangkadak setinggi  2 Meter saja sudah dapat menghasilkan buah yang sangat banyak..

Buah Nangkadak berukuran lebih kecil dibanding varietas lainnya, tapi nangkadak lebih cepat berbuah, Saat berusia 2,5 Tahun saja, satu pohon Nangkadak sudah dapat berbuah dari 30 hingga 50 buah sehingga sangat cocok untuk dikomersilkan

Keunggulan Utama Buah Nangkadak :
  • Aroma buah lembut, tidak terlalu kuat.
  • Daging buah tebal & berwarna menarik (kuning orange).
  • Rasa mendekati nangka dengan tingkat kemanisan tinggi (30° brix).
  • Tekstur daging buah lembut tanpa serat. Ukuran buah sedang (3 – 5 kg).
  • Tanaman memiliki sosok & tajuk yang kompak, pendek & rimbun.
  • Tanaman berumur genjah (2 – 3 tahun). Produktivitas buah cukup tinggi (30 – 50 bh/phn/panen).
  • Buah unik karena merupakan perpaduan nangka dengan cempedak.

sumber dari www.mekarsari.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.