--> Skip to main content

Kolom iklan

Menjadi Mompreneur Yang Sukses

Mompreneur Sukses
Menjadi Mompreneur yang Sukses - Beraneka macam tipikal orang berbisnis. Mulai dari full entrepreneur sampai yang sifatnya cuma bisnis sampingan. Pelaku usaha salahsatunya yang kini menjadi trend di kalangan ibu rumah tangga yaitu menjadi Mompreneur atau ibu rumah tangga yang memiliki bisnis sampingan. Menjadi mompreneur yang sukses kini banyak menjadi dambaan ibu rumah tangga di perkotaan. Berkat adanya internet dan sosial media seperti Facebook, twitter dll maka peluang usaha ini tumbuh subur. Mungkin ada pertanyaan bagaimana kunci sukses menjadi mompreneur ini? Dibawah ini ada 5 kunci sukses yang mungkin bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Kemampuan seorangg ibu rumah tangga yang multitasking memungkinkan menjadi seorang Mompreneur yang sukses. Kemampuan melakukan berbagai macam pekerjaan dalam waktu yang berbarengan menjadi kemampuan umum seorang ibu rumah Tangga. Berbisnis rumahan atau bisnis sampingan merupakan suatu peluang usaha baru mencari tambahan penghasilan bagi keluarga.

Kunci Sukses Menjadi Mompreneur
Kunci sukses pertama 
Fokus pada kemampuan dan berdayakan anggota keluarga. Mengingat waktu Anda cukup tersita dengan segala urusan rumah tangga, maka sebaiknya fokuslah pada kemampuan Anda dan sisanya berdayakan anggota keluarga lainnya. Setidaknya, kerjakan hal-hal yang Anda sukai dan tentunya mampu Anda kerjakan dengan baik. Sedangkan pekerjaan lain yang tidak bisa Anda lakukan sendiri, bisa Anda delegasikan ke anggota keluarga lain. Misalnya saja Anda menjadi salah seorang agen baju muslim, Anda bisa meminta bantuan suami Anda untuk membuat website toko online dan memasarkannya melalui internet.

Kunci sukses kedua 
Memiliki ruang khusus untuk operasional usaha. Meskipun Anda menjalankan bisnis tersebut dari rumah, namun sebagai seorang mompreneur Anda harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan keluarga Anda. Pastikan bila bisnis rumahan yang Anda jalankan telah memiliki ruang usaha yang terpisah, sehingga tidak mengganggu aktivitas keluarga Anda.  Misalnya saja seperti memanfaatkan ruang kamar yang kosong, halaman rumah belakang, ruang garasi, dan lain sebagainya. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik, agar operasional bisnis Anda tidak terganggu dan begitu juga sebaliknya.

Kunci sukses ketiga
kunci sukses mompreneur
Buatlah pembukuan sederhana.Walaupun bisnis Anda masih terbilang kecil, namun jangan pernah mengesampingkan pembukuan atau laporan arus kas usaha. Buatlah pembukuan sederhana ala UKM, yang mencatat semua transaksi dengan rapi, berurutan sesuai dengan tanggal transaksi, serta benar sesuai dengan kenyataan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui laju pertumbuhan bisnis Anda secara rutin dan mengetahui masalah apa saja yang sering muncul di tengah-tengah perjalanan usaha Anda.

Kunci sukses keempat 
Percaya diri dalam membangun jaringan bisnis. Terkadang, sebagian besar mompreneur merasa minder bila harus berhadapan dengan para pengusaha yang didominasi oleh para pria. Padahal, baik pria maupun wanita memiliki hak yang sama untuk bisa sukses merintis usaha. Karena itu, bangun kepercayaan diri Anda sekarang juga dan perluas jaringan bisnis yang Anda miliki.

Kunci sukses kelima
Bersikap profesional serta bisa membedakan urusan rumah tangga dan usaha. Seperti kita ketahui bersama, kebanyakan wanita lebih mengandalkan perasaan dibandingkan logika mereka. Kondisi inilah yang menjadikan para mompreneur kurang profesional dalam bekerja, sehingga tidak jarang permasalahan yang muncul dalam rumah tangga ikut berimbas ke produktivitas perusahaan.

Demikianlah Tips menjadi mompreneur yang sukses dan juga kunci sukses menjadi mompreneur. Semoga berguna dan menjadi inspirasi bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.