Cara Termudah Memaksimalkan Pelayanan Bagi Pelanggan
Pelanggan adalah raja, istilah ini jelas dikenal baik bagi pelaku usaha. Kenapa?..karena pelaku usaha mendapatkan keuntungan dari mereka. Ada yang bilang istilahnya Excellent Service atau juga Customer Satisfaction atau apalah tapi bagi admin Fortune 99 prinsipnya sama saja. Inilah Cara termudah memaksimalkan Pelayanan bagi pelanggan. Tidak sulit bila sobat pelaku usaha bisa menjiwai dalam mempraktekannya. Service jelas sangatlah penting, maka baik itu produsen barang, penyedia
jasa ataupun pelaku usaha semuanya berlomba memberi pelayanan prima untuk memuaskan para
pelanggannya.
Kondisi inilah yang secara tidak langsung mendorong para
pelaku usaha untuk semakin kreatif dan inovatif dalam merebut hati pelanggan.
Sebab, apabila mereka lengah dengan persaingan yang ada, tidak menutup
kemungkinan bila pelanggan yang Anda dimiliki juga akan berpaling ke perusahaan
lain yang menawarkan pelayanan lebih menarik.
Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas.
Pada kesempatan kali ini akan admin informasikan beberapa cara mudah
mengoptimalkan pelayanan bagi pelanggan, yang bisa Anda terapkan dalam
menjalankan usaha.
Bagaimanakah Cara Termudah Memaksimalkan Pelayanan Bagi Pelanggan ini?
1. Senyuman menjadi
sambutan hangat yang mudah dilakukan.
Terkadang sebagian besar pelaku usaha melupakan arti sebuah
senyuman bagi para konsumennya. Padahal, para konsumen yang datang ke tempat
Anda tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun mereka
juga ingin mendapatkan pelayanan terbaik sebelum mereka melakukan transaksi
pembelian. Karena itu, jangan pernah kecewakan pelanggan Anda dengan
membiasakan diri untuk selalu memberikan sambutan hangat kepada para pelanggan
melalui sebuah senyuman. Ajarkan pula kebiasaan ini kepada para karyawan Anda,
agar para konsumen merasa senang dan nyaman untuk bertransaksi di perusahaan
Anda.
2. Pahami kebiasaan
pelanggan
Setiap konsumen pasti akan senang apabila nama dan
kebiasaannya dipahami para pelaku usaha. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya
bila Anda mencatat nama para konsumen dan mengingat kebiasaan yang mereka
sukai. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis rumah makan, maka Anda bisa
mencatat nama konsumen di daftar pesanan yang mereka tulis dan ketika
mengantarkan orderannya, Anda bisa menyapa nama mereka sembari mengucapkan
selamat menikmati hidangan tersebut. Dengan pelayanan seperti ini, konsumen
merasa benar-benar dihargai dan tidak ragu lagi untuk kembali mengunjungi
restoran Anda di waktu-waktu yang akan datang.
3. Jangan abaikan
sopan santun
Meskipun Anda menjadikan konsumen sebagai teman dekat Anda,
namun jangan pernah mengabaikan sopan santun dalam memberikan pelayanan.
Gunakan kata-kata sopan seperti “Tolong”, “Terimakasih”, “Permisi, ada yang
bisa saya bantu”, serta bersikaplah dengan baik agar tercipta sebuah keakraban
antara pelaku usaha dan konsumennya.
Kepuasan yang didapatkan para konsumen, menjadi salah satu
aset perusahaan yang cukup penting untuk membangun kepercayaan pelanggan.Tidak
heran bila banyak orang mengatakan, ketika seorang pelanggan merasa puas dengan
dengan pelayanan yang Anda berikan, maka selanjutnya mereka tidak akan sungkan
untuk menginformasikan pengalaman yang didapatkannya kepada relasi-relasinya (strategi pemasaran word of mouth).
Bagaimana mudah Bukan?.. Oke selamat berjuang sobat, Salam Sukses selalu!!.. :)