Optimasi Media Sosial Sebagai Media Promosi Bisnis Anda
Anda memiliki akun Facebook, Twitter, digg dll?.. Anda juga memiliki Bisnis? pakailah media sosial tersebut sebagai media promosi anda secara optimal. Kenapa tidak maksimal saja? Kalau anda terlalu bernafsu beriklan mungkin pembaca akan sebal atau bosan dengan iklan-iklan anda. Inilah Tips Optimasi media sosial sebagai media promosi Bisnis anda. Etika sederhana mungkin begini, Berilah frekuensi/range waktu untuk tiap promosi anda di media sosial dan variasikan dengan status atau twit yang sifatnya non bisnis. Perihal ada orang yang suka atau tidak itu resiko yang harus siap kita terima. Pebisnis kan harus siap mental.. betul?
Demikianlah sobat, jadi bagi anda yang memiliki bisnis sendiri ayo jangan ragu untuk menggunakan sosial media sebagai ajang promosi anda. Daripada wall Facebook anda diisi dengan status-status galau yang kagak jelas, Status percintaan yang lebay, obrolan ngalor-ngidul yang cuma buang-buang waktu saja. just get real and action.. :)
Oke?.. Selamat berjuang sobat!.. :)
Mengoptimalkan Media Sosial Sebagai Ladang Promosi
Selain dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan,
belakangan ini media sosial menjadi salah satu ladang promosi yang cukup
potensial. Beragam jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku
usaha melalui akun-akun pribadi yang sengaja mereka buat untuk mempromosikan
bisnisnya di dunia maya.
Kekuatan media sosial (socmed) yang cukup besar, memberikan
keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan mengoptimalkan media
sosial sebagai ladang promosi, setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya
iklan setiap bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan
masyarakat.
Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mempelajari strategi
promosi menggunakan media sosial. Pada kesempatan kali ini akan kami
informasikan beberapa aturan maupun sopan santun yang perlu Anda perhatikan
ketika mengoptimalkan promosi di media sosial.
Pahami aturan main
yang berlaku
Meskipun tidak ada aturan baku (hitam diatas putih) yang
mengatur rambu-rambu bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi seorang
entrepreneur untuk memahami aturan tak tertulis ataupun sopan santun dalam
mempromosikan produk maupun jasa. Bila hal ini tidak Anda perhatikan dengan
baik, bisa-bisa perusahaan Anda dicap sebagai spam/ informasi sampah sehingga
banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda.
Pahami target pasar Anda dan berikan penawaran yang sesuai
Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media sosial,
pahami terlebih dahulu siapa saja target pasar yang hendak Anda bidik. Jangan
sampai Anda menyamaratakan semua orang sebagai konsumen Anda, dan mempromosikan
produk Anda kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja
mempromosikan produk sepatu wanita kepada para pria, dan begitu pula
sebaliknya.
Bangun komunikasi dua
arah
Terkadang para pelaku usaha hanya fokus memasarkan
produk-produknya dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai
sebuah penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang
terbangun diantara mereka. Hal inilah yang membuat konsumen merasa bosan dengan
akun toko online Anda, sehingga tidak jarang mereka memilih untuk unfollow atau
memblokir akun tersebut karena Anda terlalu sering mengirimkan penawaran yang
membosankan.
Berikan tanggapan yang hangat
Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun balasan retweet
dari para konsumen, Anda diwajibkan untuk segera membalasnya dengan tanggapan
yang cukup hangat. Respon yang Anda berikan kepada konsumen, menjadi salah satu
alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa Anda memiliki kepedulian yang
cukup besar terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Bila Anda mendapati
pertanyaan yang sangat banyak, selanjutnya Anda bisa menambahkan FAQ
(Frequently Asked Question) untuk mempermudah para konsumen mengetahui
jawaban-jawaban yang mereka butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering
dilontarkan konsumen.
Lakukan langkah efektif agar promosi Anda mudah terindeks
mesin pencari
Terakhir, Anda perlu melakukan beberapa langkah jitu agar
pesan promosi yang Anda buat di media sosial bisa cepat terindeks oleh mesin
pencari (Google, Yahoo, dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#)
ketika menggunakan twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter
Anda terindeks dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para
pengguna twitter mencari dengan kata kunci yang Anda gunakan.Demikianlah sobat, jadi bagi anda yang memiliki bisnis sendiri ayo jangan ragu untuk menggunakan sosial media sebagai ajang promosi anda. Daripada wall Facebook anda diisi dengan status-status galau yang kagak jelas, Status percintaan yang lebay, obrolan ngalor-ngidul yang cuma buang-buang waktu saja. just get real and action.. :)
Oke?.. Selamat berjuang sobat!.. :)