Konten Bisnis Potensial Di Media Sosial Facebook Dan Twitter
Media sosial menyimpan potensi besar yang tak bisa kita
pungkiri. Perjalanan bisnis Ma icih yang membombardir twitter misalnya. Juga
pengakuan beberapa pengusaha sukses yang memanfaatkan media facebook. Konten bisnis potensial di media sosial facebook dan twitter bisa menjadi salah satu
alternatif tepat untuk mendongkrak pemasaran produk. Sebelumnya pelaku bisnis hanya fokus
memasarkan produk dengan cara offline atau melalui toko konvensional, sekarang
ini banyak pelaku usaha mulai banyak yang memiliki toko online untuk memperluas
jangkauan pasarnya.
Kehadiran social media selain Facebook dan twitter, seperti
aneka macam situs jejaring sosial, blog, maupun forum-forum online, ternyata
cukup memudahkan masyarakat untuk memasarkan produk di dunia maya. Melalui
strategi tersebut, para pelaku usaha kini bisa lebih mudah memberikan informasi
produk kepada calon konsumennya, baik di tingkat lokal maupun menjangkau pasar
internasional.
Terlebih lagi, sekarang ini hampir semua gadget mobile telah
dilengkapi dengan aplikasi situs-situs jejaring sosial, sebut saja seperti
Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran bila
belakangan ini banyak pelaku usaha yang mulai mempromosikan produknya melalui
sarana tersebut. Sebab, semakin hari semakin mudah pula langkah para pengusaha
untuk menerapkan strategi pemasaran melalui sosial media.
Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi pemasaran
melalui media sosial. Saat ini admin memberikan beberapa tips
bisnis online yang membahas tentang cara membuat konten potensial di media
sosial. Faktor apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini informasi
selengkapnya.
Pahami isi pesan yang akan Anda sampaikan.
Langkah awal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten
adalah memahami terlebih dahulu isi pesan yang akan Anda sampaikan. Pastikan
bahwa pesan yang Anda kirimkan kepada khalayak ramai, telah sesuai dengan
kebutuhan para konsumen dan tentunya memberikan tambahan manfaat bagi para
konsumen yang membacanya. Ketika mereka mendapatkan kebermanfaatan dari konten
Anda, maka tidak menutup kemungkinan bila selanjutnya mereka akan melakukan
transaksi pembelian.
Gunakan ide kreatif untuk menyampaikan pesan Anda.
Selain memperhatikan isi pesan, poin kedua yang perlu Anda
pahami yaitu mengemas konten yang Anda buat dengan ide kreatif yang disukai
para konsumen. Bila perlu bedakan cara penyampaian pesan, sesuai dengan
karakteristik para pelanggan. Misalnya saja dengan membedakan gender, umur,
tingkat pendidikan, kelas ekonomi, dan lain sebagainya, sehingga cara
penyampaian yang Anda gunakan bisa dipahami target pasar yang Anda bidik. Untuk
itu, jangan pernah berhenti menciptakan ide kreatif, agar pesan Anda dapat
diterima dengan baik oleh para konsumen Anda.
Memilih media sosial yang sesuai dengan target pasar.
Ketiga, pilihlah media sosial yang sering digunakan konsumen
Anda. Pemilihan situs online sangatlah penting dalam mempromosikan sebuah
produk, sebab setiap media sosial memiliki fungsi dan kalangan pengguna (user)
yang berbeda-beda. Misalnya saja Anda membidik kalangan anak muda sebagai
konsumen potensial Anda, maka situs jejaring sosial seperti facebook dan
twitter menjadi dua media penting yang bisa Anda pilih.
Setelah memahami tiga faktor utama dalam membuat konten di
sosial media, kini giliran Anda untuk mempraktekannya langsung guna mendulang
untung besar dari pemasaran produk di dunia maya.
****
Sedikit Bunga rampai dari Admin..
Tuhan menciptakan otak kiri dan kanan sama baiknya kawan. Tiap
sisi memiliki fungsinya masing-masing. Yang terbaik menurut admin adalah
menggunakan keduanya dengan baik dengan porsi yang seimbang . Jangan sampai terjebak terlalu mengkultuskan salah
satunya.
Ingatlah terlalu otak kiri sering membuat kita selalu
berhitung dan takut resiko sehingga selalu ragu melangkah, terlalu otak kanan
akan memancing kita nekad dan kurang perhitungan. Yang terbaik pergunakan
keduanya secara seimbang. Otak kiri merencanakan dengan baik dan otak kanan untuk
tetap semangat melakukan action.
Ingatlah Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang sia-sia.
Termasuk otak kita. Maksimalkanlah keduanya.
Semoga bisa diterima secara otak kiri dan kanan, eh secara
nalar dan positif tentunya.. J
Selamat pagi, selamat menjalankan ibadah puasa kawan dan
terus berjuang. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan. Selamat berpuasa :)