--> Skip to main content

Kolom iklan

Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Toko Online Terbesar Di Dunia

Kisah sukses Jeff Bezos
Sobat kenal dengan Jeff Bezos? Siapa tuh? Bagi anda yang sudah lama d dunia bisnis online pasti mengenal Jeff Bezos. Dialah pendiri toko online terbesar saat ini, yaitu amazon.com dan  sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Jeff Bezos dengan toko online-nya berhasil menguasai pasaran bisnis online.  Bagaimana Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos pendiri Toko online terbesar di dunia?.  Seperti apakah kisah sukses Jeff Bezos sebagai raja toko online dunia? Bagaimanakah sampai dia merumuskan kunci suksesnya dari kegagalan-kegagalan awalnya? Simak di bawah ini sobat.


Mengawali bisnisnya pada tahun 1995, mulanya Amazon merupakan toko buku online yang kemudian berkembang menjual musik dan video, hingga sekarang telah tumbuh menjadi produsen bisnis hardware, dan menjadi salah satu toko online serba ada yang jutaan konsumennya telah tersebar di berbagai belahan negara.

Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang inovatif, bisa dikatakan Amazon berkembang cukup pesat dalam waktu yang relatif singkat. Bezos berusaha merebut perhatian konsumen dengan program diskon yang Ia tawarkan, dan menambahkan inovasi secara terus menerus hingga akhirnya lelaki kelahiran Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964 ini berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia jagat online.

Nah, untuk mengikuti jejak kesuksesan raja toko online dalam membangun amazon.com. Berikut kami informasikan kunci sukses Jeff Bezos dalam merintis toko online.

Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Amazon.com 
1. Berani melangkah meskipun ada resiko yang siap menghadang
Sebagai seorang pelaku usaha, Jeff Bezos mengaku bahwa dirinya tidak pernah ragu dalam melangkah dan berani mengambil sebuah resiko untuk mencapai puncak kesuksesan yang telah Ia cita-citakan. Meskipun tidak semua jalan yang Ia pilih membuahkan hasil yang cukup manis, namun Bezos selalu yakin bahwa ada pembelajaran besar yang bisa Ia ambil dari setiap resiko kegagalan yang Ia temui. Seperti halnya kata Jeff Bezos, “Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang Anda tahu akan berhasil, maka Anda akan meninggalkan begitu banyak kesempatan.”

2. Tak perlu berlarut-larut menyesali kegagalan
Ketika merintis sebuah usaha, tak jarang para pemula menemui berbagai macam kendala yang bisa memicu sebuah kegagalan. Dalam menyikapi resiko tersebut, Bezos sebisa mungkin memotivasi dirinya agar tidak berlarut-larut menyesali kegagalan yang telah terjadi dan segera bangkit untuk melanjutkan perjuangannya demi masa depan yang lebih baik. Sebab baginya, penyesalan terbesar adalah ketika Ia tidak mau mencoba.

3. Amati, Tiru, dan Modifikasi
Meskipun reputasi Amazon telah bersinar terang dengan jutaan pelanggan setia yang tersebar di seluruh dunia, namun Jeff Bezos tidak pernah malu untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan para pesaingnya guna meningkatkan nilai tambah bagi toko online yang Ia bangun. Lihat saja, bila awalnya Amazon.com hanya menjual buku secara online, kini perusahaan ini mulai mengamati perubahan minat pasar dan berusaha mengikuti permintaan pasar dengan menciptakan inovasi baru seperti misalnya memproduksi beragam jenis produk gadget dengan harga jual yang cukup terjangkau.

4. Kerja keras dan pantang menyerah
Untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang ini, Jeff Bezos yang mendalami ilmu komputer di Universitas Princeton ini awalnya memanfaatkan garasi sempit sebagai kantor dan menghadapi masalah kesulitan modal untuk membiayai gaji para karyawannya. Siapa sangka berkat kerja keras dan kegigihannya untuk membuat sebuah sejarah, Jeff Bezos bisa mengatasi permasalahan tersebut dan berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai situs toko online terbesar saat ini.

5. Utamakan konsumen dan biarkan mereka mempromosikan Anda
Bagi Bezos, dalam berbisnis tak ada yang lebih penting daripada konsumen. Tanpa dukungan para konsumen, bisa dipastikan sebuah perusahaan bisa gulung tikar. Keyakinan inilah yang mendorong Bezos untuk selalu fokus, fokus, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Sebab, modal inilah yang bakal Ia gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen hingga akhirnya para pelanggan setianya yang akan menjadi agen promosi bagi perusahaannya, dengan memanfaatkan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).

Kiat sukses inilah yang kemudian mengantarkan Jeff Bezos sebagai raja toko online, dan berhasil menguasai pasar dunia maya dengan mengibarkan bendera Amazon di berbagai belahan dunia.

Demikianlah Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Toko Online Terbesar Di Dunia. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.