Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Toko Online Terbesar Di Dunia
Sobat kenal dengan Jeff Bezos? Siapa tuh? Bagi anda yang
sudah lama d dunia bisnis online pasti mengenal Jeff Bezos. Dialah pendiri toko online terbesar saat ini, yaitu amazon.com dan sekarang menjadi salah satu orang terkaya di
dunia. Jeff Bezos dengan toko online-nya
berhasil menguasai pasaran bisnis online. Bagaimana Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos pendiri Toko online terbesar di dunia?. Seperti apakah kisah sukses Jeff Bezos sebagai
raja toko online dunia? Bagaimanakah sampai dia merumuskan kunci suksesnya dari
kegagalan-kegagalan awalnya? Simak di bawah ini sobat.
Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Amazon.com
Mengawali bisnisnya pada tahun 1995, mulanya Amazon
merupakan toko buku online yang kemudian berkembang menjual musik dan video,
hingga sekarang telah tumbuh menjadi produsen bisnis hardware, dan menjadi
salah satu toko online serba ada yang jutaan konsumennya telah tersebar di
berbagai belahan negara.
Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang inovatif, bisa
dikatakan Amazon berkembang cukup pesat dalam waktu yang relatif singkat. Bezos
berusaha merebut perhatian konsumen dengan program diskon yang Ia tawarkan, dan
menambahkan inovasi secara terus menerus hingga akhirnya lelaki kelahiran
Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964 ini berhasil mengantarkan Amazon.com
sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia jagat online.
Nah, untuk mengikuti jejak kesuksesan raja toko online dalam
membangun amazon.com. Berikut kami informasikan kunci sukses Jeff Bezos dalam
merintis toko online.
1. Berani melangkah meskipun ada resiko yang siap menghadang
Sebagai seorang pelaku usaha, Jeff Bezos mengaku bahwa
dirinya tidak pernah ragu dalam melangkah dan berani mengambil sebuah resiko
untuk mencapai puncak kesuksesan yang telah Ia cita-citakan. Meskipun tidak
semua jalan yang Ia pilih membuahkan hasil yang cukup manis, namun Bezos selalu
yakin bahwa ada pembelajaran besar yang bisa Ia ambil dari setiap resiko
kegagalan yang Ia temui. Seperti halnya kata Jeff Bezos, “Jika Anda memutuskan
bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang Anda tahu akan berhasil, maka Anda akan
meninggalkan begitu banyak kesempatan.”
2. Tak perlu berlarut-larut menyesali kegagalan
Ketika merintis sebuah usaha, tak jarang para pemula menemui
berbagai macam kendala yang bisa memicu sebuah kegagalan. Dalam menyikapi
resiko tersebut, Bezos sebisa mungkin memotivasi dirinya agar tidak
berlarut-larut menyesali kegagalan yang telah terjadi dan segera bangkit untuk
melanjutkan perjuangannya demi masa depan yang lebih baik. Sebab baginya,
penyesalan terbesar adalah ketika Ia tidak mau mencoba.
3. Amati, Tiru, dan Modifikasi
Meskipun reputasi Amazon telah bersinar terang dengan jutaan
pelanggan setia yang tersebar di seluruh dunia, namun Jeff Bezos tidak pernah
malu untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan para pesaingnya guna
meningkatkan nilai tambah bagi toko online yang Ia bangun. Lihat saja, bila
awalnya Amazon.com hanya menjual buku secara online, kini perusahaan ini mulai
mengamati perubahan minat pasar dan berusaha mengikuti permintaan pasar dengan
menciptakan inovasi baru seperti misalnya memproduksi beragam jenis produk
gadget dengan harga jual yang cukup terjangkau.
4. Kerja keras dan pantang menyerah
Untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang ini, Jeff Bezos
yang mendalami ilmu komputer di Universitas Princeton ini awalnya memanfaatkan
garasi sempit sebagai kantor dan menghadapi masalah kesulitan modal untuk
membiayai gaji para karyawannya. Siapa sangka berkat kerja keras dan
kegigihannya untuk membuat sebuah sejarah, Jeff Bezos bisa mengatasi
permasalahan tersebut dan berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai situs toko
online terbesar saat ini.
5. Utamakan konsumen dan biarkan mereka mempromosikan Anda
Bagi Bezos, dalam berbisnis tak ada yang lebih penting
daripada konsumen. Tanpa dukungan para konsumen, bisa dipastikan sebuah perusahaan
bisa gulung tikar. Keyakinan inilah yang mendorong Bezos untuk selalu fokus,
fokus, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Sebab,
modal inilah yang bakal Ia gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen hingga
akhirnya para pelanggan setianya yang akan menjadi agen promosi bagi
perusahaannya, dengan memanfaatkan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut
ke mulut).
Kiat sukses inilah yang kemudian mengantarkan Jeff Bezos
sebagai raja toko online, dan berhasil menguasai pasar dunia maya dengan
mengibarkan bendera Amazon di berbagai belahan dunia.
Demikianlah Kisah Dan Kunci Sukses Jeff Bezos Pendiri Toko
Online Terbesar Di Dunia. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda.