Tips Pemasaran Penjualan Bisnis Rumahan
Menjalankan bisnis tidaklah semudah membalikan tangan tapi
suatu prestasi bila anda berani melakukan wirausaha meskipun baru bersifat
sampingan atau tambahan penghasilan. Tips pemasaran penjualan bisnis rumahan
admin rasa penting bila sobat telah melewati fase awal bisnis atau paska
produksi. Kenapa penting? Suatu bisnis bisa bertahan atau tidak dikemudian hari
tergantung usaha anda konsisten atau tidak pada pemasaran. Tidak mudah memang tapi
bila anda dapat bertahan pemasaran anda akan membuahkan hasil.
Bisnis Rumahan menjadi pilihan banyak alternatif tambahan
penghasilan keluarga. Menjalankan operasional bisnis dari rumah, menjadi salah
satu alternatif tepat bagi para pemula yang ingin terjun merintis sebuah usaha
dengan meminimalisir biaya sewa gedung. Memanfaatkan ruang kosong yang ada di
rumah Anda, tidak menutup kemungkinan bila sebuah peluang usaha bisa Anda
rintis guna mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Meskipun sekarang ini merintis peluang bisnis rumahan bukan
perkara yang sulit bagi setiap masyarakat. Namun dibalik kemudahan yang
didapatkan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan masyarakat agar
bisnis rumahan yang dijalankan bisa berkembang dengan baik. Salah satunya saja
seperti menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk mendongkrak penjualan
bisnis rumahan yang sedang dijalankan. Disini admin akan sedikit berbagi Tips
pemasaran penjualan bisnis rumahan.
Mengingat lokasi bisnis Anda tidak se-strategis lokasi
pertokoan yang ada di pusat keramaian kota, tentunya Anda dituntut untuk lebih
kreatif dan inovatif untuk menarik minat calon konsumen. Lalu, kira-kira
bagaimana caranya?
Berikut kami informasikan beberapa tips pemasaran yang bisa
Anda jalankan untuk memaksimalkan omzet penjualan bisnis rumahan.
Tips Pemasaran Penjualan Bisnis Rumahan
1. Mulailah dengan mengoptimalkan peran internet
Melihat perkembangan dunia internet yang belakangan ini
menunjukan peningkatan sangat pesat, banyak pelaku bisnis rumahan yang bisa
sukses mendapatkan omzet jutaan rupiah per bulan dengan memanfaatkan peran
internet. Meskipun mereka belum memiliki toko konvensional di tempat-tempat
strategis, namun dengan mengoptimalkan kekuatan internet, para pelaku usaha
bisa membuat situs toko online untuk menjaring banyak konsumen. Bahkan, dengan
biaya promosi yang terbilang murah, Anda bisa merambah pangsa pasar di luar
daerah maupun menembus pasar mancanegara untuk mendongkrak penjualan produk
setiap bulannya. Contohnya anda bisa lihat pada Bisnis Keripik Buah Bandung Online yang menjual Keripik buah di media internet, facebook dan twitter.
Sudah mencoba nikmatnya keripik nangka? Anda bisa memesannya via online.
2. Memperluas pasar dengan menggandeng para reseller
Walaupun lokasi usaha Anda hanya dirintis dari rumah, tetapi
Anda bisa memperluas pemasaran produk dengan menggandeng para reseller yang
siap mempromosikan bisnis Anda hingga berbagai penjuru kota. Melalui
tangan-tangan para reseller, brand Anda bisa dikenal masyarakat luas dan tidak
menutup kemungkinan bila penjualan produk Anda juga cenderung akan meningkat
setiap bulannya. Semakin banyak jumlah reseller yang Anda miliki, maka semakin
besar pula peluang Anda untuk mendongkrak untung besar dari bisnis rumahan.
Ingatlah Reseller itu penting bagi bisnis anda karena perputaran uang anda akan
semakin cepat dan profit semakin jelas.
3. Fokus pada satu produk
Ketika merintis sebuah usaha, banyak pemula yang gagal
menjalankan usahanya karena mereka tergoda oleh berbagai macam peluang bisnis
yang membuatnya kurang fokus dalam menekuni usahanya. Padahal, untuk merintis
sebuah usaha dibutuhkan komitmen, kerja keras dan strategi yang benar-benar
matang. Apabila Anda kurang fokus dalam mengerjakannya, tidak heran bila bisnis
Anda hanya akan karam di tengah ketatnya persaingan pasar. Karenanya sebagai
langkah awal, sebaiknya Anda fokus pada satu produk atau jasa dan mulai
mengoptimalkan kekuatan yang Anda miliki untuk meningkatkan pemasarannya.
Begitu pula dengan contoh sebelumnya Produk keripik buah U21 hanya fokus pada
produk Keripik Nangka sebagai andalannya, meskipun ada produk lain yang tetap
di produksi seperti Keripik Nenas dalam jumlah sedikit.
Nah, semoga ketiga tips pemasaran penjualan bisnis rumahan
yang telah admin bahas di bahas bisa menambah wawasan, inspirasi, semangat bagi
kalangan wirausaha, entrepreneur ataupun sahabat pembaca Fortune 99.