Trend Pemasaran 2013 Di Bisnis Online
Tinggal 1 hari lagi Tahun 2013 kita masuki. Bagi anda yang memiliki bisnis online tentunya merencanakan resolusi baru untuk tahun yang akan datang. Diperlukan cara atau pembenahan pemasaran baru untuk bisnis online anda. Kira-kira trend pemasaran 2013 di bisnis online seperti apakah yang terbaik menurut anda? Menurut admin Fortune 99 trend pemasaran tetap memakai cara pemasaran lama tapi dengan melihat perkembangan baru dan menjaga trik pemasaran yang masih baik berjalan.
Melirik Trend pemesaran Bisnis online di Tahun 2013
Memasuki akhir tahun 2012, banyak pengusaha maupun pelaku pasar yang mulai mengevaluasi perjalanan bisnisnya selama setahun kebelakang dan mulai membuat perencanaan strategi baru untuk memenangkan persaingan pasar di tahun depan. Jika di tahun 2012 silam trend pemasaran bisnis online mulai mewabah di kalangan masyarakat, maka di tahun 2013 yang akan datang diprediksikan trend tersebut akan semakin meningkat pesat seiring dengan mudah dan murahnya akses internet dari berbagai tempat.
Nah, untuk menghadapi gempuran persaingan di ranah online yang semakin ketat, berikut ini kami informasikan trend pemasaran bisnis online di tahun 2013 yang bisa coba Anda jalankan untuk memenangkan persaingan pasar.
Mengganti website jadul dengan media promosi yang interaktif
Jika dulunya situs blog atau website hanya digunakan para pengusaha sebagai ajang curhat atau berbagi cerita kepada para konsumennya guna mengambil simpati mereka dan membangun personal branding sang pengusaha. Maka sekarang ini tidak banyak orang yang memiliki waktu luang untuk membaca tentang betapa hebatnya Anda dan aktivitas apa saja yang Anda lakukan setiap harinya.
Sekarang ini konsumen sudah cukup cerdas, sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca informasi yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan yang sedang mereka cari saat ini. Karena itu, ada baiknya bila Anda tidak hanya menjadikan website sebagai lapak online saja namun juga menjadikannya sebagai media promosi yang interaktif sehingga calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari website Anda dan tertarik untuk memberikan respon positif pada barang dagangan Anda.
Pelajari perubahan trend pada strategi SEO
Tak hanya trend permintaan pasar saja yang mengalami perubahan, teknik SEO dalam mengembangkan bisnis online ternyata juga mengalami beberapa perubahan sesuai dengan algoritma pencarian Google. Pastikan bila Anda memiliki bekal ilmu SEO, agar Anda bisa mengetahui teknik SEO yang masih berfungsi serta teknik apa saja yang sekarang ini sudah tidak efektif lagi untuk digunakan. Hal ini sangatlah penting, karena pada kenyataannya teknik SEO lama yang masih digunakan justru bisa mematikan visibilitas website Anda.
Mobile Friendly
Seperti kita ketahui bersama, sekarang ini lebih dari 62% masyarakat Indonesia mulai mengakses internet via handphone (telepon genggam). Bahkan kebiasaan tersebut mampu menggantikan peran warnet (warung internet) yang sebelumnya menjadi tempat alternatif untuk bisa mengakses internet. Melihat perubahan tersebut, ada baiknya bila website yang Anda miliki juga mulai dikemas mobile friendly agar konsumen Anda tidak kesulitan untuk mengakses situs yang Anda miliki via mobile.
Kelola konsumen dengan bijak
Meskipun di halaman website Anda telah tersuguh beragam jenis informasi, namun tidak sedikit konsumen yang akhirnya masih membutuhkan pelayanan Anda seperti halnya para pembeli di toko offline. Karena itu, kelola konsumen dengan bijak baik melalui sistem online maupun offline. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan chating online, kolom komentar, fasilitas email, maupun sms dan telepon marketing untuk mencarikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi konsumen. Semakin sering mereka terbantu oleh Anda, maka semakin besar pula loyalitas yang mereka berikan untuk bisnis Anda.
Sudah siap menyambut membangun kesuksesan anda di tahun 2013? Tidak mudah memang tapi bila kita lakukan dengan sabar, bertahap dan kontinyu maka bukan mustahil kesuksesan dapat anda capai di tahun 2013.