Kemampuan Entrepreneur Untuk Multitasking
Bagi anda pelaku bisnis, wirausahawan ataupun lebih dikenal
dengan entrepreneur diharapkan memiliki kemampuan layaknya Windows OS, yaitu
kemampuan multitasking. Multitasking adalah kemampuan untuk mengerjakan
berbagai hal dalam suatu kurun waktu yang berdekatan ataupun bersamaan. Kemampuan entrepreneur untuk multitasking bisanya dituntut di awal-awal
merintis dan mengembangkan usahanya setelah besar dan sukses anda hanya perlu
mengatur sistemnya dan dikerjakan karyawan anda. Kenapa Kemampuan entrepreneur
multitasking itu penting? Karena sebagai seorang entrepreneur, tentunya Anda
harus mulai belajar multitasking agar mampu menyelesaikan segala urusan bisnis
dengan baik.
Sebagai seorang entrepreneur, tentunya Anda harus mulai
belajar multitasking agar mampu menyelesaikan segala urusan bisnis dengan baik.
Sebab, banyak tenaga, pikiran, dan waktu yang tersita saat Anda memulai sebuah
usaha. Baik itu bisnis online maupun bisnis offline, semuanya membutuhkan
perhatian yang cukup besar untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.
Karenanya saat ini para pelaku usaha dituntut untuk bisa
multitasking agar tak kalah bersaing dengan para kompetitor yang mulai
bermunculan di sekelilingya. Meskipun sebenarnya multitasking tidak pernah
terjadi di otak manusia. Namun seseorang bisa melakukan time-sharing dalam
otaknya sehingga mampu melakukan pekerjaan yang berbeda-beda dalam satu waktu
atau yang lebih dikenal dengan istilah multitasking.
Nah, untuk membantu para pemula yang sedang ingin membangun
usaha, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak Anda bisa semakin cepat
melakukan pergantian fokus sehingga pekerjaan Anda yang cukup banyak bisa
terselesaikan dengan cepat dan dalam waktu yang relatif singkat.
1. Sebaiknya kerjakan beberapa kegiatan yang masih
berhubungan.
Secara ilmiah, ketika otak seorang manusia dipaksa untuk
pindah memikirkan pekerjaan yang lain, otak harus beradaptasi kembali. Adaptasi
ini sebenarnya memerlukan waktu yang singkat, amun dalam prosesnya otak manusia
harus memanggil kembali memori, fokus, dan produktivitas sebelumnya. Jika pekerjaan
yang selanjutnya tidak hampir sama dengan pekerjaan sebelumnya, maka proses
tersebut akan memakan waktu yang lebih lama.
2. Buatlah urutan skala prioritas.
Anda bisa mulai menuliskan semua pekerjaan yang harus
dilakukan pada sebuah buku agenda. Berikan tanda bold atau berikan warna yang
berbeda pada pekerjaan yang memiliki skala prioritas cukup tinggi. Jika Anda
punya kekuasaan lebih untuk memimpin di sektor pekerjaan Anda, sebaiknya bawa
juga karyawan-karyawan Anda ke dalam budaya tersebut. Sebab, yang menentukan
alur kerja seseorang adalah lingkungan tempat Ia bekerja.
3. Beri sedikit waktu bagi otak Anda untuk menerima
informasi baru.
Tidak semua orang bisa langsung mencerna beberapa informasi
dalam waktu bersamaan. Untuk itu berikan sedikit waktu bagi otak Anda untuk
menerima informasi baru dari atasan Anda, kemudian kembali mengerjakan tugas
pokok Anda yang belum terselesaikan sebelum akhirnya berpindah memberikan
follow up pada informasi yang baru saja Anda terima. Dengan begitu, fokus Anda
tidak terpecah dan bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam waktu yang
hampir bersamaan.
Nah demikianlah pentingnya Kemampuan Entrepreneur Untuk Multitasking perlu pelaku bisnis miliki. Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda.