PENJUALAN ONLINE TURUN, GANTI CARA PROMOSI KUNO
Halo Para pebisnis Online!!.. Seperti halnya berdagang di
dunia nyata alias Offline tentunya penjualan ada naik turunnya bukan? Nah ketika penjualan online turun ganti cara promosi kuno yang caranya sudah umum atau standar. Lupakan cara promosi kuno dan susunlah
cara baru agar konsumen kembali mendatangi website toko online Anda. Cari cara
promosi online yang sifatnya lebih kreatif dan inovatif.
Umumnya hampir setiap pelaku bisnis toko online hanya fokus
memikirkan bagaimana caranya bisa berjualan di media online. Padahal, sekarang
ini persaingan di bisnis toko online sudah cukup sesak. Berbagai pelaku usaha
mulai dari yang minim modal hingga para penguasa yang memiliki modal jutaan
dolar, mulai melirik pasar online sebagai ladang bisnis yang cukup menggiurkan.
Tak heran bila kondisi ini membuat sebagian pemilik toko
online harus gigit jari karena omzet penjualan online mereka mengalami
penurunan cukup drastis akibat kalah strategi dengan pesaing lainnya yang ada
di ranah maya. Alasannya tentu cukup jelas, apabila mereka tak bisa menjual
produk dengan cara yang efektif maka performa bisnis toko online mereka tak
bakal bisa bertahan menghadapi gempuran pasar.
Melihat fenomena tersebut, tentunya sebagai pebisnis online
Anda tak mau jika nasib toko online Anda berada di ambang kebangkrutan.
Karenanya, ketika penjualan online menurun tinggalkan cara promosi jadul dan
susunlah cara baru agar konsumen yang menghampiri website toko online Anda.
Jika dulunya seorang penjual harus memasarkan produknya
sampai titik darah penghabisan mulai dari aktivitas pemasaran door to door,
bahkan sampai bisa dikatakan meneror calon konsumen via telepon untuk
menawarkan produk atau jasa yang dimiliki, sekarang ini dengan adanya layanan
internet seseorang yang ingin membeli sesuatu bisa mencari informasi melalui
media online.
Perubahan inilah yang membuat cara promosi jadul ini tak
lagi efektif untuk dijalankan para pemilik bisnis toko online. Sebagai pebisnis
online Anda harus lebih jeli untuk bisa mendatangkan calon konsumen, salah satunya
saja dengan cara berbagi informasi dan pengetahuan kepada para konsumen agar
mereka tak segan-segan mampir ke website bisnis toko online Anda.
Dengan memberikan apa yang dibutuhkan konsumen, baik itu
berupa informasi produk, pengetahuan seputar bisnis yang Anda jalankan, atau
bahkan tips dan trik tertentu yang banyak dicari calon konsumen, secara tidak
langsung Anda sedang membangun loyalitas pengunjung yang suatu saat nanti bakal
tertarik melakukan pembelian secara rutin setelah mereka mempercayai kualitas
bisnis toko online Anda.
Contohnya saja bila Anda membangun bisnis jilbab online,
maka Anda bisa memberikan tutorial gratis mengenai cara menggunakan jilbab
cantik tanpa meninggalkan unsur syar’i, berbagi tips dan trik dalam memilih
jenis kain yang nyaman untuk jilbab, cara mewarat jilbab agar tetap nyaman
digunakan, dan lain sebagainya.
Melalui konten-konten inspiratif yang Anda berikan kepada
para pengunjung website, tidak menutup kemungkinan bila semakin lama
kepercayaan mereka terhadap toko online Anda akan semakin meningkat sehingga
mereka tak segan-segan untuk melakukan transaksi pembelian di situs Anda dan
tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya mereka turut membantu
mempromosikan bisnis toko online Anda kepada orang-orang di sekitarnya.
Nah, semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan
manfaat bagi para wentrepreneur muda di Indonesia. Salam sukses!