KEMAMPUAN JELI PADA PERUBAHAN PASAR
Dunia usaha bagi para pengusaha baik itu besar ataupun kecil
merupakan dunia yang menarik dan penuh tantangan. Bisa dikatakan menjadi
wirausahawan atau entrepreneur itu gampang-gampang susah. Bahkan ada yang
bilang kalo belum jodohnya ga akan berhasil.Banyak sekali faktor yang membuat
seurang pengusaha menjadi matang dan professional. Salahsatunya adalah
Kegagalan. Pada akhirnya seorang pengusaha harus memiliki kemampuan Jeli pada
perubahan Pasar. Sebuah kemampuan yang akan membuat seorang pengusaha bisa
tetap bertahan di dunia bisnis.
Menjadi seorang pengusaha memang gampang-gampang susah.
Dikatakan gampang karena sekarang ini banyak peluang bisnis online maupun
konvensional yang bisa dirintis para pemula dengan cara mudah dan juga murah.
Akan tetapi, yang cukup susah disini adalah bagaimana cara mempertahankan
peluang bisnis tersebut agar bisa terus bertahan di tengah gerusan persaingan
pasar yang setiap harinya terus mengalami perubahan. Coba baca Rahasia sukses WalMart milik Sam Walton.
Kondisi inilah yang kemudian menuntut para pengusaha harus
lebih jeli melihat perubahan pasar yang ada saat ini. Alasan ini tentu cukup
masuk akal, sebab dengan memahami perubahan perilaku pasar, para pengusaha bisa
memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya sehingga produk atau jasa
yang mereka tawarkan tidak ketinggalan zaman dan terus dicari para pelanggan.
Gaya hidup masyarakat yang terus berubah seiring dengan
adanya arus modernisasi, menjadi salah satu faktor yang memicu perubahan
perilaku konsumen. Salah satu perubahan tersebut bisa kita lihat dari kejelian
konsumen dalam memilih produk ataupun jasa.
Bila dulunya konsumen lebih memilih harga miring
dibandingkan kualitas produk yang ditawarkan penjual, sekarang ini konsumen
sudah mulai pintar dan mengutamakan fitur apa saja yang ditawarkan dari sebuah
merek produk.
Meski demikian, bukan berarti Anda sebagai pengusaha hanya
fokus pada aspek produksi sehingga mengesampingkan strategi pemasaran yang
digunakan. Sebab, produk yang hebat tak kan jadi apa-apa tanpa dukungan
strategi pemasaran yang dahsyat.
Untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang
dipasarkan para pengusaha, dibutuhkan kejelian pengusaha untuk membuat strategi
branding yang kreatif agar merek produk yang dipilih bisa menggambarkan
keunggulan produk Anda. Strategi ini bisa dilakukan para pengusaha melalui
slogan atau jargon khusus, kemasan produk yang unik, atau bisa juga melalui
logo brand yang mencolok.
Yang terpenting adalah sesuaikan pengembangkan produk Anda
dengan perubahan perilaku konsumen, dan jangan lupa manfaatkan kecanggihan
teknologi agar produk Anda tak ditinggalkan para konsumen.
Oke sahabat Fortune 99 tetaplah semangat dan salam sukses!