IDE BISNIS SANTAN BUBUK SEBAGAI PROSPEK BISNIS POTENSIAL
Gaya hidup masyarakat perkotaan membutuhkan segala sesuatu
serba instant. Inilah ide awal dalam melihat peluang usaha ataupun peluang
bisnis di perkotaan. Selanjutnya bagi yang bergerak di bidang kuliner akan
muncul ide bisnis selanjutnya. Apa yang bisa dibuat instant untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari? Dari ide inilah muncul ide bisnis santan bubuk sebagai
prospek bisnis potensial bagi seorang Edi Setyo (27 thn). Wirausaha muda ini
berhasil membuat bisnis baru dan menjadikannya seorang pengusaha sukses.
Bagaimana kisah sukses Edi Setyo pengusaha santan bubuk instan ini dimulai?
Mari kita ikuti penuturannya.
Kisah Sukses Pengusaha Santan Bubuk Instan
“Kenapa saya memilih
bisnis santan bubuk instan, karena hampir semua wilayah di Indonesia menu
masakannya menggunakan bahan baku santan. Mengingat peluang yang sangat besar
ini, kami mencoba menawarkan alternatif santan bubuk yang bisa bertahan lama,”
begitu kata Edi menurut sumber artikel BisnisUKM pada Jumat, (2/10) silam.
Baca Juga Artikel Ini :
Jika biasanya santan cair hanya bisa bertahan selama 1 hari
setelah dibuka dari kemasannya, pengusaha muda ini mencoba menghadirkan santan
bubuk instan yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. “Saya ingin
memperkenalkan santan bubuk instan Risantan ini kepada masyarakat sebagai salah
satu alternatif santan kelapa yang tidak hanya berupa santan cair saja namun
juga ada santan bubuk instan,” jelasnya.
Butuh Proses Panjang Untuk Menciptakan Risantan
Dalam merintis bisnis santan bubuk instan, Edi menuturkan
awalnya untuk menghasilkan produk baru, tentu dibutuhkan proses yang cukup
panjang. Apalagi industri ini juga membutuhkan mesin dan sebagainya. Jadi
kendala yang Ia rasakan di awal merintis usaha lebih ke permasalahan modal
usaha.
“Banyak yang masih bisa kita lakukan ketika kita terpentok
di masalah modal. Artinya kita tidak harus memiliki semuanya di awal,” ujar
Edi. Sedangkan untuk pemasaran sendiri, Edi sudah memiliki beberapa agen yang
nantinya siap membantu memasarkan santan bubuk instan di wilayahnya. Ia juga
masih membuka peluang bisnis bagi agen maupun distributor di seluruh Indonesia
yang ingin bergabung menjadi agen Risantan.
Ketika ditanya mengenai prospek bisnis santan instan, Edi
optimis kedepannya prospek pasarnya semakin bagus. Apalagi pesaing di bisnis
ini juga belum banyak, alasan inilah yang mendorongnya lebih serius menggarap
bisnis santan bubuk instan.
“Saat ini kita juga sudah melengkapi ijin dari Depkes, dan
ijin resmi dari BPOM. Di setiap kemasan sudah ada ijin produk yang kami miliki.
Dengan kemasan box, kami membidik segmen pasar di minimarket modern yang
tersebar di Jogja,” tuturnya.
Menggandeng Agen Melalui Pemasaran Online
Untuk memperluas pemasaran produk, Edi tak hanya menerapkan
sistem konsinyasi (titip jual) di beberapa swalayan yang ada di Jogja namun Ia
juga mulai merambah pemasaran online. “Kalau untuk permintaan risantan kemasan
box, kami bermain di online jadi permintaan terbanyak juga dari pemasaran
online. Sedangkan untuk kemasan sachet kita pasarkan secara offline di pasar
tradisional. Sementara ini pemasaran terbanyak masih di sekitar Pulau Jawa, ke
depan kami juga akan memperluas pemasaran di luar Jawa,” terang pengusaha muda
tersebut.
BINGUNG CARI IDE BISNIS ? - Dapatkan Ide Bisnis dan Prospek Bisnis Menarik dengan Analisa Usaha di Menu Bisnis, Ikuti Terus Artikel bisnis kami dengan cara mendaftar pada kolom berlanggan artikel via email
Harapan Edi, kedepannya dia dapat mengelola agen dengan baik sehingga setiap agen yang dia miliki dapat mendatangkan omzet yang lebih baik di masa depan. Belajar dari kejelian dan tekad yang kuat Edi Setyo maka hal ini cukup layak kita cermati. Suatu ide bisnis layaknya muncul dari suatu pemikiran kreatif dan inovatif. Dengan hal tersebut maka akan bermunculan prospek bisnis dan peluang usaha ataupun bisnis baru yang menjanjikan di masa depan.