--> Skip to main content

Kolom iklan

Menyimak Cara Berpikir Orang Kaya Sukses

Cara Berpikir Orang Kaya Sukses - Dari beberapa pengalaman bertemu orang-orang kaya yang sukses dan juga dari beberapa literatur pengalaman hidup dan kisah pengusaha sukses maka ada hal menarik yang bisa ditarik sebagai kesimpulan. Ada hal mendasar dalam cara berpikir orang kaya sukses dan orang biasa dan perbedaan cara berpikir inilah yang membuat nasibnya berbeda. Menyimak cara berpikir orang kaya sukses sekilas tidak menarik dan tidak oke banget, tapi bila dikaji lebih dalam justru cara berpikir orang-orang sukses inilah yang membuat karir dan bisnis mereka sukses saat ini. Tertarik untuk menyimak? Silahkan ulasan di bawah ini.

Cara Berpikir Orang sukses dan Kaya Raya

Orang kaya membangun aset.
Saat orang-orang sibuk menghabiskan/membelanjakan uangnya, karena mindset mereka adalah uang untuk membeli barang/produk/jasa seperti mobil/rumah dan jika uang mereka tidak cukup mereka akan mengambil kartu kredit (menyicil).

Cara Berpikir Orang kaya dan sukses

Sedangkan orang kaya berpikir sebaliknya, semua uang yang mereka punya harus dipakai untuk menghasilkan lebih banyak uang. Mereka membangun aset. Berapa banyak dari kita yang berpikiran seperti itu?

Beberapa pemikiran orang kaya dalam membangun aset:

Quote:
Sederhana
Orang kaya akan hidup secukupnya/seperlunya saja (tidak berlebihan), mereka menahan pengeluaran untuk memaksimalkan pendapatan/aset mereka. Dan walaupun mereka sudah kaya raya, mereka akan tetap hidup sederhana, atau jikapun hidup mereka glamour, mereka tidak akan menghabiskan lebih banyak dari apa yang mereka hasilkan.

Quote:
Pendidikan formal bukan segalanya
Bagi sebagian orang pendidikan itu sangat-sangat penting dan bahkan menentukan nasib hidup seseorang. Tetapi orang kaya tahu pendidikan bukan satu-satunya cara menjadi kaya. Mereka sangat ahli dalam kemampuan-kemampuan khusus yang dibayar mahal atau ilmu-ilmu yang jauh lebih penting seperti kepemimpinan, percaya diri, public speaking, sales, marketing, dan kreatifitas. Intinya adalah mereka berinvestasi pada dirinya sendiri, dan tidak menggantungkan semuanya hanya pada pendidikan formal/gelar.

Skill & passion = aset
Orang kaya berpikir kemampuan mereka sendiri adalah aset (termasuk passionnya). Mereka cenderung otodidak (mau belajar/mencari sendiri) dan tidak menunggu kesempatan datang (mereka mengejarnya). Bagi banyak orang passion itu tidak pantas diperjuangkan jika tidak menghasilkan (uang) tetapi orang kaya selalu mencari cara supaya passion mereka dapat dihargai/dibayar, karena ini pula mereka dapat bekerja keras sampai pada titik dimana orang lain tidak rela untuk melakukannya.

Quote:
Berpikir positif dan realistis akan masa depan
Orang kaya suka bermimpi akan masa depan (idealis) namun mereka tetap realistis. Mereka tahu percaya diri dan berpikir positif tidak menjamin kekayaan, tetapi itu tetap lebih baik karena pikiran yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Quote:
Pendidikan > hiburan
Orang biasa lebih suka dihibur daripada dididik, sementara Orang kaya lebih suka dididik daripada dihibur. Orang-orang sukses jarang sekali menonton TV, dan orang-orang yang sangat sukses terus menambah pengetahuannya dengan membaca buku.

Quote:
Bisnis = aset
Hampir mustahil dapat menjadi kaya raya dengan bekerja pada orang lain (bukan berarti tidak bisa, tergantung situasi). Orang kaya tahu untuk menjadi kaya tidak cukup hanya mengandalkan bekerja, mereka membangun sesuatu (aset) yang akan memberikan income lebih ketimbang biaya pengeluaran (cost). Dan mereka tahu bahwa membangun bisnis/usaha/perusahaan adalah aset penting yang bisa segera mereka bangun dari nol.

Quote:
Menemukan kenyamanan dalam ketidakpastian
Dibutuhkan keberanian yang besar untuk mengambil resiko dan menjadi orang kaya (sesuatu yang dirasa orang biasa akan membuatnya tidak nyaman). Kenyamanan fisik, psikologis, dan emosional adalah tujuan utama dari pola pikir umur. Itulah sebab banyak orang bertahan pada pekerjaan yang mereka benci atau mengejar pendidikan yang tidak mereka perlukan. Sedangkan orang kaya belajar sejak awal bahwa menjadi orang kaya tidaklah mudah dan zona nyaman hanya akan menghambat mereka. Mereka belajar untuk menemukan kenyamanan justru ketika beroperasi dalam ketidakpastian. Dan faktanya adalah masa depan selalu tidak pasti.

Tentu mindset-mindset diatas tidak cocok untuk semua orang. Tetapi sama seperti mindset pada umumnya, kita bebas untuk mengikutinya atau tidak. Agan tentu tahu quotes Steve Jobs yang sangat terkenal:

“Orang-orang yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka dapat mengubah dunia adalah orang-orang yang melakukannya.”

Mari kita ubah sedikit menjadi:

“Orang-orang yang berpikir bahwa mereka dapat menjadi kaya raya adalah orang-orang yang akan menjadi kaya.”

You are what you think. Right?? :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.