Tips Menjawab Wawancara Kerja Dengan Benar Dan Pantas
Tips Wawancara Kerja – Sebenarnya ada beberapa gaya
wawancara dalam suatu proses rekrutmen pekerjaan. Tapi disini admin menampilkan
13 pertanyaan dasar yang diungkapkan waktu wawancara kerja terjadi. Pertanyaannya
adalah bagaimana kita bisa menjawab dan bersikap dengan benar pada waktu
wawancara. Di bawah ini ada Tips menjawab wawancara kerja dengan benar dan
pantas dan mampu meningkatkan peluang untuk diterima bekerja di perusahaan
tersebut. Ingat proses wawancara 75% adalah penilaian subjektif. Bila anda
menjawab sesuai harapan pewawancara maka interview ada bisa sukses dan diterima
bekerja. Mari Kita bahas Cara menjawab wawancara kerja satu per satu.
1. “OK, Terima kasih untuk kehadirannya. Saya sudah baca
resume (CV) anda. Anda bisa ceritakan sedikit tentang diri anda?”
Menjawab pertanyaan seperti ini, anda harus siapkan jawaban
yg tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, maksimal 2 (dua) menit.
Dimana ceritakanlah latar belakang pekerjaan sebelumnya beserta prestasi yg
pernah diraih. Admin biasanya juga cerita sedikit latar belakang dan prestasi juga
cerita tentang hobby (yang positif), juga sedikit tentang latar belakang
pendidikan dan prestasi selama kuliah. Itu saja, Hal-hal yang tidak penting
tidak perlu disebutkan.
2. “Kenapa anda ingin bergabung dengan kami?”
Jawablah pertanyaan ini dengan jujur, Misalnya “Setahu saya
perusahaan merupakan perusahaan yg paling diminati karena suasana kerja yang
kondusif” atau misalnya “Saya ingin menjadi bagian dari tim penjualan terbaik”
atau “Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan yg menjual produk terbaik” atau
“Saya membutuhkan tantangan baru” dan lain sebagainya. Hindari jawaban yg
seperti menjelekkan perusahaan sebelumnya seperti “Saya tidak cocok dengan bos
saya”, “Saya tidak suka suasana kerja dikantor saya”. Tapi satu hal jurus
rahasia saya, katakan “Karena saya benar-benar butuh pekerjaan untuk mencari nafkah “ Ini
jawaban terbaik dan jujur yang biasa saya lontarkan.
3. “Kenapa anda mencari tantangan baru, apakah perusahaan
anda yg sekarang membosankan buat anda?”
Pertanyaan seperti ini biasanya jebakan, jadi agan jangan
terjebak untuk menjawab “Ya”, walaupun misalnya emang aslinya bosen. Jawaban yg
tepat seperti, “Suasana di kantor saya sekarang cukup menyenangkan, akan tetapi
saya ingin belajar lebih lanjut, meningkatkan kemampuan saya di perusahaan ini dan mencapai prestasi yang
lebih baik”
4. “Kenapa anda resign dari perusahaan sebelumnya? Apa
motivasi anda untuk pindah kerja?”
Pertanyaan ini juga sama, anda harus menjawab dengan jujur
tapitidak perlu terlalu vulgar mengungkapkan masalah pribadi seperti, “Gaji yg sedikit”.
Jawablah dengan jawaban seperti yg saya tulis di poin no 2 atau 3.
5. “Anda punya banyak prestasi. Kalau menurut anda sendiri
apa kelebihan dan kekurangan anda?”
Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan ketika interview. Pointnya
adalah bagaimana cara anda menilai diri sendiri. Tiap orang punya prestasi tapi
tiap orang punya kekurangan. Cara menjawabnya, cukup jawab dengan jujur yg
bersifat perilaku positif misalnya saya pekerja keras, orangnya positif dan
bisa bekerja sama dalam tim dengan baik.
Baca Juga : Kisah Seorang Nenek Penjual Tempe
Sebaliknya anda juga
harus bisa menilai kekurangan diri sendiri. Cukup sebutkan 3 kekurangan anda
dengan jujur dan katakan juga anda sendiri sudah berusaha memperbaiki selama
beberapa waktu terakhir. Tapi ingat, Jujur dalam artian tidak bikin ilfil.
Biasanya admin jawab dengan, “Saya orangnya sangat excited dengan pekerjaan
saya. Terkadang saya ingin pekerjaan saya selesai dulu sebelum saya pulang,
jadinya ketika bekerja dalam tim saya berharap tim saya juga merasakan hal yg
sama. Padalah orang lain punya prioritas yang berbeda”. Anda jangan jawab,”Saya
orangnya malas.” Jawaban begitu artinya “Bye bye” anda tidak bakal diproses
lebih lanjut.
6. “Apa yg bisa kamu berikan orang lain tidak bisa beri?”
Maksud pertanyaan ini apakah anda punya kelebihan yg unik yang
tidak dimiliki karyawan pada umumnya. Jawab dengan jujur juga, karena biasanya Pewawancara
bisa menilai sifat dari cara anda menjawab ketika interview. Admin sih biasanya
jawab dengan,”Saya punya jiwa kepemimpinan dan dapat diandalkan. Banyak jawaban
untuk pertanyaan ini yang penting bisa menjelaskan lebih detil seperti apa
contohnya karena pasti akan ditanya lebih detil lagi.
7. “Apakah anda bisa bekerja sama dengan baik dalam satu
tim? Bisa ceritakan suatu kondisi dimana anggota tim anda punya latar belakang
yg berbeda-beda dimana anda harus beradaptasi ?”
Perusahaan membutuhkan orang yang pintar tapi perusahaan
juga membutuhkan orang yang mampu bekerja sama. Biasanya orang yang pinter suka
males kerja berkelompok dan rentan konflik. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda
harus menjawab “Iya”. Siapkan cerita detilnya tentang bagaimana anda mampu kerja
dengan baik dalam satu tim yangg berbeda latar belakang.
8. “Apa pendapat anda tentang bos anda?”
Pertanyaan ini kuncinya ingin mengetahui apakah anda ada
konflik dan bisa bekerja sama dengan baik dengan atasan anda. Misalnya menjawab
dengan,”Atasan saya saat ini sangat baik, beliau mau mengajarkan berbagai hal
kepada saya. Selain itu beliau juga cukup responsive ketika saya dan tim banyak
bertanya mengenai pekerjaan. Hal yg perlu di improve dari atasan saya saat ini
bahwa beliau tidak terlalu kuat analisisnya sehingga saya lebih banyak fokus
membantu beliau untuk analisa beberapa hal.” Jawaban seperti ini cukup netral,
hindari jawaban-jawaban yg menjelekkan atasan anda sebelumnya seperti, “Atasan
saya sebelumnya ga becus”, atau seperti “Saya ga tahan kerja sama atasan saya
yg sekarang karena pemarah dan bau ketek.” Hehehe…
9. “Berapa lama waktu
yg anda perlukan untuk memberikan kontribusi jika anda anda diterima di
perusahaan kami?”
Ini pertanyaan susah-susah gampang karena kita ga akan
pernah tahu berapa lama kita bisa kontribusi selain kerja langsung disitu. Tapi
biasanya kalau pekerjaannya sendiri pekerjaan yg anda sudah biasa lakukan
biasanya dalam 1-3 bulan anda sudah bisa berkontribusi. Lain halnya kalau type
pekerjaannya berbeda, anda cukup memberikan janji diatas 3 bulan akan mampu
memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.
10. “Jika anda di terima, anda memiliki rencana berapa lama
anda akan berada di posisi ini?”
Pertanyaan ini sudah pasti mau memastikan apakah ada rencana
untuk pindah dalam waktu dekat. Saya sendiri akan menjawab dengan,”Selama saya
bisa berkontribusi diperusahaan ini dan terus Belajar saya melihat diri saya
bisa dalam waktu yg cukup lama di perusahaan ini.” Jawaban seperti itu adalah
jawaban netral dan bisa diterima cukup baik oleh orang yg interview anda. Jangan
memberi jawaban,”saya ga berencana lama”, atau “Tergantung, kalau ada
perusaahaan lain bayar saya lebih baik saya pasti langsung pindah.” Ini sih
namanya siap-siap dirobek CV-nya beres wawancara.
11. “Berapa gaji yg anda harapkan?”
Saran saya dari awal anda kerjain PR ini dengan cari tahu
berapa gaji yg diposisi tersebut. Bisa
tanya sama temen-temen anda yang mungkin
ada kenalan di perusahaan itu. Cukup range gaji saja sudah ok. Dan ketika
ditanya sewaktu interview sebisa mungkin anda tidak sebut angka duluan. Anda
bisa Tanya kembali orang yg interview,”Berapa gaji yg ditawarkan untuk posisi
ini?” Biarkan orang yg interview yang jawab duluan mengenai gaji.
12. “Apakah anda melamar perusahaan lain selain disini?”
Untuk menjawab pertanyaan ini saran saya anda harus jujur.
Tapi siapa tahu nih anda melamar pekerjaan sampai 20 perusahaan. Anda cukup
Kasih tahu misalnya lagi diproses di 1-2 perusahaan lain. Biasanya pertanyaan
ini akan ditanyakan diakhir interview. Tujuannya untuk mengetahui seberapa
serius anda mencari pekerjaan. Apalagi kalau anda merasa interview anda
berjalan lancar, ada kemungkinan orang yg interview anda mau mastiin apa mereka
bisa cukup cepat menyelesaikan seluruh proses rekrutmen.
13. “Apakah ada hal yg ingin anda tanyakan?”
Biasanya ini pertanyaan penutup. Orang yg interview mau
mastiin anda juga punya persiapan mengenai perusahaan ,posisi ataupun bisnis
mereka. Saran saya sih anda harus setidaknya bertanya 1-2 pertanyaan bermutu
untuk memberikan kesan anda sudah persiapan sebelumnya. Biasanya saya bertanya
mengenai posisi persisnya yg sedang dicari. Atau mengenai kondisi bisnis atau
produk dari perusahaan tersebut.
Demikian 13 Basic atau dasar pertanyaan-pertanyaan saat
interview atau wawancara kerja. Pertanyaan-pertanyaan diatas bisa berkembang
menjadi beberapa point pertanyaan lagi seperti contoh kasus dll. Semoga artikel
sederhana ini bermanfaat bagi pembaca prospekbisnis.com.