--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Mengatasi Motor Brebet Saat Di Gas Dan Memperbaikinya

Ada istilah motor brebet kalau kejadiannya ketika kita sedang memakai motor di jalanan tiba-tiba laju kendaraan menjadi tersendat-sendat dan berbunyi brebet-brebet karena tarikan gasnya yang tidak lancar. Tarikan gas motor seperti tidak ada tenaganya atau tersumbat. Sebenarnya cara mengatasi motor brebet saat di gas dan memperbaikinya cukup mudah dilakukan sendirian tanpa perlu pergi ke bengkel. Kondisi motor brebet ini juga berbahaya bila kejadiannya anda sedang menyalip kendaraan lain di jalan raya atau sedang memotong jalan raya untuk menyeberang karena membutuhkan ekstra speed dan bila ini terjadi bisa menimbulkan resiko kecelakaan. Coba anda pelajari dan simak apa penyebab motor brebet saat di gas dan bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki kondisi motor brebet ini.

Penyebab motor brebet dan cara memperbaikinya

Jangan salah, kondisi motor brebet ini bisa dialami oleh semua jenis kendaraan baik motor bebek, motor matic, motor gede bahkan mobil sekalipun. Jadi masalah ini bukan dari jadul atau tidaknya motor yang kita punya. Kondisi brebet dan gas tersendat ini bisa terjadi saat tarikan motor baik itu RPM/ putaran rendah, tengah ataupun tinggi. Ada beberapa kemungkinan penyebab motor brebet yang mengakibatkan gas motor terasa tersendat sendat, semuanya bisa diatasi dengan mudah

4 Penyebab Motor Brebet Saat Di Gas
Pada kendaraan yang terkena penyakit "brebet", mesin motor tiba-tiba kehilangan daya yang akhirnya melaju dengan tersendat-sendat. Bisa dipastikan faktor utama yang menyebabkannya adalah kurangnya perawatan terhadap mesin motor dan motor jarang di service.

Coba cek beberapa bagian dari motor di bawah ini untuk mengatasi motor brebet,

Cek Busi Motor
Inilah hal pertama yang menjadi kemungkinan terbesar motor brebet. Seandainya gas motor tersendat di saat musim hujan maka kemungkinan besar penyebab motor brebet adalah busi yang kotor. Pasti kalian mengetahui busi adalah bagian yang bertanggung jawab pada sistem perapian pada kendaraan. Jadi bila businya bermasalah karena basah atau kebanjiran maka jelass laju motor akan terganggu.

Coba buka cek keadaan busi lalu bersihkan dengan kain lap bersih, selanjutnya tes tarikan gas motor baik di putaran rendah ataupun tinggi. Kalau masih brebek, bisa saja busi sudah tidak bagus dan mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Cek Bahan Bakar
Ingat ! Jangan membeli bahan bakar di sembarang tempat bilamana tidak sengan sangat terpaksa. Kehabisan bensin misalnya. Cobalah ingat apakah anda membeli bahan bakar di tempat yang bukan biasanya di Pom bensin tapi membelinya di tempat "kurang terpercaya" akhir-akhir ini? Kios Bensin eceran misalnya? Jika iya maka ada kemungkinan, bahan bakar telah dioplos oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kalau yakin sumber masalahnya bahan bakar maka sebaiknya mengeluarkan semuanya dari tangki dan karburator lalu menggantinya dengan yang baru. Belilah di tempat yang terpercaya seperti Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)


Bahan bakar yang tidak cocok dengan spesifikasi motor juga bisa berpengaruh pada performa. Pilihlah bahan bakar dengan oktan yang pas dengan yang dibutuhkan motor. Tidak ada salahnya membeli pertamax, kualitasnya bagus sebanding dengan harganya.

Cek Karburator Motor
Karburator adalah salah bagian dari sistem pembakaran motor yang bertugas untuk pemasukan bahan bakar ke silinder sehingga bisa mengatur cepat lambatnya laju motor. Biasanya kerusakan terjadi pada needle yang mengatur keluar masuknya bahan bakar dan floater yang menjaga agar bahan bakar tetap dalam mangkuk karburator.


Sama halnya dengan busi, karburator bisa kemasukkan air jika ada melewati jalan yang banjir atau salah saat mencuci. Kalau ini terjadi maka anda harus mengeluarkan semua bahan bakar bercampur air lalu memasangnya kembali.

Cek Fuel Pump Motor
Saat gas motor tersendat-sendat, fuel pump biasanya kotor sehingga tidak dapat memberikan tekanan bensin yang tidak pas, bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Cobalah cek kekencangan fuel pump motor yang brebet.


Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki kondisi motor brebet dari beberapa kemungkinan penyebab Motor Brebet dan cara memperbaikinya dilihat dari sumber masalahnya yang mungkin berbeda.Disarankan bila anda kurang paham sebaiknya bawa ke bengkel terdekat dan selanjutnya usahakan untuk rutin service motor berkala untuk menjaga performa motor anda tetap baik saat di jalanan. Keselamatan pengendara tergantung dari kondisi kendaraannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.