--> Skip to main content

Kolom iklan

Prospek Bisnis Apotek Menjanjikan Untung Besar Persaingan Kecil

Kelihatannya bisnis yang satu ini kurang menarik, Tapi setelah melihat menjamurnya waralaba apotik semacam K24 atau Griya farma admin prospekbisnis.com jadi sedikit mikir ada apa ya dengan bisnis yang satu ini. Setelah sedikit riset, nanya mbah Google dan nanya-nanya narasumber apoteker di Bandung ternyata prospek bisnis apotek menjanjikan untung besar persaingan kecil. Lha kenapa tidak? Rata-rata orang males dan kurang tertarik pada peluang usaha apotek, padahal yang namanya kesehatan atau orang sakit pasti butuh obat dan pasti cari apotek. Paling dicari ya apotek terdekat rata-rata orang ga terlalu milih-milih apotek dan harga juga ga terlalu di lihat. Betul loh ini juga yang admin rasakan sendiri ngapain beli jauh-jauh apotek mana aja oke yang penting belinya deket.

Prospek Bisnis Apotek Menjanjikan Untung Besar Persaingan Kecil

Tiap orang pasti akan mengalami sakit baik itu sakit ringan, sedang atau sakit berat, dan tentu untuk mengobati rasa sakit tersebut kita memerlukan obat-obatan baik itu obat biotik ataupun obat antibiotik yang tersedia di apotik dan rumah sakit. Jadi peluang bisnis apotek atau toko obat bisa dikategorikan sebagai peluang usaha majemuk yang artinya semua product yang dijual di apotek pasti laku dijual dan dibutuhkan oleh masyarakat. Catet!

Keberadaan apotek di suatu daerah baik itu komplek atau jalan umum sangatlah penting, mengingat hampir setiap orang pasti butuh yang namanya obat, sebagai catatan lewat APBN (anggaran pendapatan belanja negara) pemerintah menganggarkan lebih dari 25% dari Total APBN untuk obat, dengan potensi besar yang dimiliki oleh peluang usaha jenis ini, maka tak salah jika usaha apotek banyak diminati oleh kalangan pebisnis profesional dan bukan pebisnis pemula. Bagi anda yang tertarik berikut potensi bisnis, prospek bisnis dari bisnis apotek yang sekarang kita bahas.

Analisa Potensi Peluang Usaha Apotek

Potensi Bisnis Apotek
Menurut para pebisnis atau pengamat ekonomi, Potensi peluang usaha apotek sangat menjanjikan, mengingat kebutuhan obat adalah salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat, kondisi ini berhubungan dengan beberapa hasil riset data yang berhasil admin rangkum:
  • Angka pasien yang sakit melonjak drastis tiap tahunnya, tentu mereka membutuhkan obat-obatan
  • Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan tubuh semakin tinggi, tentu ini menjadi peluang untuk para apoteker
  • Regulasi Izin untuk membuat usaha apotek juga tidak terlalu sulit
  • Masyarakat Indonesia makin sadar bahwa obat yang aman dan memiliki izin resmi lebih aman untuk dikonsumsi

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Apotek
Setiap bisnis pasti memiliki kelebihand an kekurangannya sendiri begitu juga dengan ide bisnis apotek ini. Memang apotek memiliki potensi bisnis yang besar tapi usaha apotek juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis peluang usaha yang lain, untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki usaha apotek

• Tingkat Persaingan Kecil
Usaha apotek umumnya memiliki persaingan pasar yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan usaha lain, hal ini dikarenakan untuk membuka usaha apotek diperlukan skill (kemampuan) dalam bidang kedokteran, jika anda belum memiliki ilmu atau skill dalam bidang kedokteran, maka bisa dijamin usaha anda untuk membuka apotek akan sia-sia. Just info salah satu contoh bisnis dengan persaingan kecil adalah di sektor hobby misalnya saja prospek bisnis burung Pleci, jangan sangka bisnis burung untungnya besar dan saingannya minim.

• Laba yang Diperoleh cukup Besar
Menurut beberapa pengakuan dari apoteker mengungkapkan bahwa untung/ laba yang diperoleh dari usaha apotek terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan usaha lain, hal ini dikarenakan masyarakat indonesia pada umumnya sangat membutuhkan obat-obatan untuk mengobati penyakitnya, selain itu juga obat yang dibeli dari apotek memiliki izin dan aman untuk dikonsumsi, oleh sebab itu maka tak heran jika apotek kerap kali ramai dikunjungi setiap harinya.


• Biaya Operasional (Modal) Cukup Besar
Setiap usaha umumnya memiliki beberapa kelemahan, hal ini sama halnya dengan usaha apotek, meskipun laba yang diperoleh cukup besar dan juga persaingan relatif kecil, namun untuk membuka usaha apotek memperlukan biaya operasional (modal) yang cukup besar, oleh sebab itu jika anda belum memiliki cukup modal alangkah baiknya jika anda mnegurungkan niat anda.

• Memerlukan Jasa Apoteker Ahli
Bila anda tidak cukup ahli dalam mengelola usaha apotek, maka bisa jadi banyak obat yang kadarluasa dan tidak laku dijual, oleh sebab itu ketika anda membuka usaha apotek anda harus rela membayar mahal jasa apoteker ahli yang telah berpengalaman, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Demikianlah sedikit ulasan mengenai prospek bisnis apotek menjanjikan keuntungan besar dengan persaingan kecil ini lengkap dengan analisa potensi peluang usaha apotek. Tapi untuk estimasi bisnis usaha apotek belum sempat admin lakukan riset tapi sekilas bisnis ini jelas memerlukan modal usaha yang cukup besar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.