--> Skip to main content

Kolom iklan

Tips Peluang Bisnis Parcel Untuk Lebaran Agar Laris Manis

Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tentunya banyak orang atau instansi dan perusahaan akn saling mengirim parcel. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha musiman yang cukup menguntungkan bagi anda selain menjual pakaian baru. Untuk memulai bisnis ini tentunya ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar usaha anda berhasil. Tips peluang bisnis parcel untuk lebaran agar laris manis ini melihat beberapa faktor pendukung dan jenis konsumennya. Persiapkan sedini mungkin dan mulai menyusun daftar kerja dan daftar barang. Bagi anda yang berminat silahkan simak tips ide bisnis berikut ini.

Tips Peluang Bisnis Parcel Untuk Lebaran Agar Laris Manis

Sebelum Memulai Bisnis Parcel Lebaran Pikirkan Hal ini terlebih Dahulu

1. Target Konsumen
Tentukan dahulu siapa yang akan target untuk menjadi konsumen anda, apakah umum, perkantoran dan instansi.

2. Sumber Barang Untuk Parcel
Mengetahui sumber barang untuk membeli barang grosir dengan harga murah, belilah barang dengan harga miring dan partai besar ( perhatikan tgl kadaluwarsa barang )

3. Cara Pemasaran
Membuat leaflet dan menyebarkan ke kantor-kantor, perumahan dan promosi via online dan offline ( gunakan cara se kreatif mungkin dan semudah mungkin bagi konsumen).

4. Packing dan Pengiriman
Siapkan bahan-bahan packing dengan berbagai kelas dan harga dan juga untuk pengiriman dalam kota atau luar kota (memiliki kurir atau menggunakan jasa ekspedisi )

5. Membuat Contoh Parcel
Buatlah contoh parcel yang ingin anda pasarkan dan bisa di pajang dan di foto untuk bahan promosi anda.

Tips Peluang Bisnis Parcel Untuk Lebaran Agar Laris Manis

Setelah anda mensurvey dan telah memiliki konsep diatas maka barulah anda memulai bisnis parcel yang anda inginkan. Ingatlah untuk membuat parcel lebaran dibutuhkan kreatifitas yang cukup tinggi. Karena nantinya kreatifitas anda dapat menentukan seberapa menariknya parcel yang anda buat. Namun anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki kreatifitas yang cukup untuk membuat parcel, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mudah berbisnis parcel.

Cara Membuat Parcel Lebaran Yang Menarik

1. Tentukan tema parcel yang akan anda buat
Penentuan tema ini menjadi dasar untuk pembuatan tema, akan seperti apa parcel yang akan dibuat pada langkah selanjutnya nanti. Sebagai contoh jika anda ingin membuat parcel untuk acara lebaran, maka tema yang berhubungan dengan hari raya yang paling cocok.

2. Pilihlah bahan atau isi dari parcel
Penentuan bahan atau paket isi parcel ini ditentukan dari langkah pertama yaitu tema. Semisal anda membuat tema lebaran. Maka paket bahan atau isi parcel yang umum adalah kue kering, sirup atau aneka makanan ringan.

3. Mulai siapkan alat-alat untuk menyusun parcel
Peralatan yang perlu anda persiapkan adalah gunting, tang, pelubang kertas, perekat, pisau, cutter, paku, jarum, kawat dan perlatan pembungkus parsel itu sendiri.

4. Penataan isi parcel
Setelah tahapan diatas sudah terlewati, maka langkah selanjutnya mulai menata isi parcel. Posisikan isi parcel sedemikian rupa hingga benar-benar rapi ketika dipandang.

5. Design Hiasan atau Topping
Langkah terakhir adalah design topping. Topping adalah bagian pentup parcel atau hiasan tambahan diluar pembungkus parcel. Biasanya jika pembungkus menggunakan plastic maka gunakanlah plastik yang tebal. Kemudian hiasi dengan pita-pita diatasnya.

Tips Peluang Bisnis Parcel Untuk Lebaran Agar Laris Manis

Menentukan Harga Jual Dan Pasar

Setelah Anda menghitung berbagai biaya baik mulai dari budget, hingga ongkos kerja untuk membuat parcel. Setidaknya Anda memberikan nilai lebih sekitar 20-40% dari biaya secara keseluruhan. Hal tersebut tentu harus banyak yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah pesaing Anda.

Selain itu juga, untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa bekerjasama dengan beberapa toko. Untuk melakukan sistem jual titip, ataupun menjualnya melalui berbagai toko online yang tersedia. Ada baiknya, jika Anda juga memanfaatkan sosial media untuk dijadikan sebagai salah satu pasar Anda.

Demikianlah ulasan mengenai ide bisnis parcel lebaran dan juga tips bisnis parcel lebaran agar laris manis. Ingatlah dalam bisnis musiman yang satu ini kekuatan utamanya adalah promosi yang gencar dan sumber barangg untuk parcel anda. Soal mendesain anda bisa mempelajari dan berkreasi seunik dan menarik mungkin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.