Anda Punya Bisnis Online?.. Yakinkan Konsumen Dengan Testimoni
Saat ini ini dunia internet tidak bisa dipungkiri mampu
menjadi penunjang bisnis yang handal. Kisah keripik Maicih ataupun lainnya
sebagai bukti nyata kekuatan jejaring sosial di dunia maya. Anda punya bisnis
Online?.. Yakinkan konsumen dengan testmoni. Hal ini dinilai penting oleh
banyak kalangan ahli bisnis. Pengaruh Testimoni dalam Bisnis online memberikan
efek positif dan daya tarik bagi calon konsumen anda.
Ketatnya persaingan pasar di bisnis online mendorong para
pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mempromosikan produk-produknya.
Berbagai macam strategi pemasaran pun dijalankan para pengusaha untuk
meyakinkan calon konsumennya, misalnya saja dengan memanfaatkan testimoni
konsumen untuk menjaring pelanggan baru di internet.
Tak bisa kita pungkiri bila kekuatan testimoni cukup
membantu para pelaku bisnis online untuk meyakinkan calon konsumen yang ada
disekitarnya. Strategi ini memang terbilang cukup efektif, mengingat sekarang
ini banyak konsumen yang lebih percaya dengan sebuah produk setelah mereka
mendapatkan referensi langsung dari orang-orang disekitarnya atau melihat
testimoni positif yang disampaikan sebagian besar konsumen mengenai keunggulan
produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Karena itu, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara-cara
memanfaatkan testimoni untuk mempromosikan bisnis online, mari kita simak
terlebih dahulu mengenai pengertian testimoni itu sendiri. Yang dimaksudkan
dengan testimoni adalah sebuah kesaksian atau pernyataan yang disampaikan oleh
seorang konsumen atas kepuasan mereka terhadap suatu produk atau jasa yang
telah mereka beli. Biasanya sebuah testimoni berisi tentang komentar, saran,
ataupun opini yang disampaikan konsumen terhadap produk atau jasa yang
ditawarkan pelaku usaha.
Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan testimoni untuk meyakinkan
konsumen toko online Anda?
Berikut kami informasikan beberapa cara sederhana yang bisa
Anda manfaatkan untuk membuat testimoni semakin menarik.
- Memanfaatkan testimoni pelanggan. Salah satu kekuatan yang bisa Anda manfaatkan untuk meyakinkan calon konsumen baru yaitu mencantumkan testimonial para pelanggan di halaman website atau lapak toko online yang Anda miliki. Seperti kita ketahui bersama, pengalaman para pelanggan yang puas dengan produk Anda menjadi sebuah alat promosi yang paling efektif untuk meyakinkan calon konsumen baru. Oleh karena itu, pastikan produk Anda benar-benar terjaga kualitasnya dan manfaatkan testimoni konsumen untuk menginformasikan kepada khalayak ramai mengenai keunggulan produk-produk yang Anda tawarkan. Biasanya jika konsumen mendapatkan kepuasan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan, maka mereka tidak akan sungkan untuk memberikan komentar positif di halaman website yang Anda bangun.
- Mintalah dukungan testimoni dari para ahli. Selain memanfaatkan testimoni para pelanggan yang puas dengan produk atau jasa Anda, langkah berikutnya yang bisa Anda jalankan adalah membangun testimoni kredibel yang bersumber langsung dari para ahli di bidang bisnis yang Anda geluti. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis jasa online, maka Anda bisa menambahkan testimonial dari beberapa pakar SEO maupun pakar marketing online untuk meningkatkan popularitas atau brand perusahaan yang Anda jalankan. Ketika beberapa para ahli telah mempercayai bisnis online Anda, maka tidak menutup kemungkinan bila para konsumen pun akan semakin yakin dengan kualitas produk atau jasa yang Anda pasarkan.
- Manfaatkan public figure untuk meramaikan testimoni di halaman website Anda. Untuk meningkatkan daya tarik toko online yang Anda jalankan, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan testimoni dari beberapa public figure yang banyak dikenal ataupun diidolakan oleh masyarakat. Strategi ini sering digunakan para pelaku usaha untuk menarik minat konsumen. Bahkan bisa dikatakan keberadaan testimoni dari beberapa orang public figure bisa menggantikan peranan brand ambassador dalam memperkuat pencitraan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Membuat testimoni dalam berbagai versi. Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda bisa membuat testimoni terbaik dalam berbagai bentuk. Misalnya saja berupa tulisan maupun video yang memadukan audio dan visual sehingga konsumen semakin percaya dengan kualitas produk atau jasa yang Anda pasarkan. Untuk mendukung strategi tersebut, Anda bisa mencantumkan hasil wawancara singkat Anda dengan para pelanggan setia yang telah mendapatkan manfaat dari produk atau jasa Anda.
Semoga informasi tips bisnis online yang membahas tentang
cara meyakinkan konsumen toko online dengan testimoni ini bisa memberikan
sedikit manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku bisnis online untuk
mengoptimalkan pemasarannya. Selamat berjuang .. :)