Kisah Sukses Pipie Soeyoto Produsen Tas Beromzet Belasan Milyar
Setiap usaha pasti akan selalu ada kendala. Tapi disitulah seninya. Bisakah kita tetap menghadapinya dengan tetap sabar, optimis dan bepikir positif. Hal ini juga dialami pengusaha sukses berikut ini. Kisah Sukses Pipie Soeyoto Produsen Tas Beromzet Belasan Milyar tidaklah diraih dengan sekejap mata. Dibalik kisah suksesnya tentunya ada cerita menarik dan suka duka yang menjadi latar belakang kesuksesannya. Bukan hal suksesnya yang kita lihat tapi spirit pantang menyerah dan mentalitasnyalah yang patut kita teladani, Ingatlah bila kita tetap sabar untuk berusaha maka kesempatan emas akan datang suatu saat pada kita. Inilah salah satu contoh kisahnya...
Inilah Kisah sukses produsen tas beromzet belasan milyar, yang berhasil
bangkit dari kondisi terjepit hingga akhirnya mampu menjalankan roda bisnisnya
dengan keuntungan yang melejit.
Mengawali bisnisnya di tahun 1995, pada saat itu Pipie
Soeyoto yang kebetulan baru saja lulus dari Fakultas Pertanian Universitas
Sebelas Maret (UNS), mulai putus asa setelah 6 bulan lamanya mencoba
peruntungan melamar pekerjaan di beberapa perusahaan ternama namun tak kunjung
mendapatkan panggilan kerja. Dari sinilah Pipie mencoba peruntungan baru dengan
menjadi seorang supplier (pemasok) bahan-bahan promosi ke beberapa perusahaan
farmasi.
Setelah dua tahun menekuni profesinya sebagai pemasok barang
promosi, ibu tiga anak ini mendapatkan berbagai pembelajaran positif mengenai
standar kualitas produk yang benar-benar bagus serta mulai memahami besarnya
potensi bisnis barang promosi tersebut. Melihat peluangnya yang semakin
menjanjikan, di tahun 1997 Pipie mulai memproduksi beragam jenis produk tas
promosi dengan mengorbankan mobil pribadinya sebagai modal usaha.
Mengusung PT. Huda Rachma Grupindo (HRG) yang merupakan
gabungan nama kedua anaknya, Pipie pun sempat menemui banyak kendala dalam
merintis bisnis tas tersebut. Ketatnya persaingan pasar dan strategi banting
harga yang dilakukan para kompetitor di pasaran, ternyata cukup menyulitkan
Pipie dalam mengembangkan usahanya.
Namun, dengan memegang komitmen awalnya yang selalu
mengutamakan kualitas produk tas buatannya. Pipie tetap kekeuh membandrol harga
jual yang lebih mahal dibandingkan para pesaing, dengan menawarkan kualitas
prima sebagai nilai tambah bagi para konsumennya dan memberikan garansi jahitan
selama satu tahun bagi produk-produk tas yang dipasarkannya.
Terbukti, strategi bisnis yang Ia pilih cukup meyakinkan
para konsumen. Hingga pada suatu hari HRG mendapatkan rezeki nomplok dengan
menerima orderan partai besar dari PT. Kaltex (perusahaan kain). Siapa sangka
bila datangnya orderan dari PT. Kaltex membukakan kesuksesan besar bagi
perusahaan tas yang dirintis Pipie Soeyoto.
Berkat informasi yang tersebar dari mulut ke mulut, PT. Huda
Rachma Grupindo (HRG) mulai mendapatkan kepercayaan dari perusahaan-perusahaan
besar dan menjadi langganan tetap bagi sejumlah perusahaan terkenal yang
membutuhkan barang-barang promosi, terutama produk tas. Sebut saja seperti PT.
Garuda Indonesia, PT. Indosat Tbk, Mc Donald’s Indonesia, penerbit buku
Erlangga, Hoka-Hoka Bento, KFC, PT. Ajinomoto, PT. Smart Frend Telecom Tbk, PT.
Sepatu Bata Tbk, PT. Acer Indonesia, dan masih banyak lagi perusahaan besar
lainnya.
Bahkan, belakangan ini tidak hanya pasar lokal saja yang
berhasil dikuasai Pipie Soeyoto. Ia kini telah berhasil merambah pasar
mancanegara seperti Jepang, Korea, serta mulai mengekspor tas olahraga di
sekitar 12 sekolah yang tersebar di Negara Inggris. Tidak heran bila di tahun
2000 silam, pabrik PT. Huda Rachma Grupindo (HRG) yang berlokasi di kawasan
Pamulang ini bisa memproduksi tas hingga mencapai 2,5 juta pcs/ tahunnya. Dan
berhasil mengantongi omzet usaha sekitar Rp 13 milyar pada akhir tahun lalu.
Dengan membidik pasar korporat yang memesan produk dalam
partai besar, Pipie Soeyoto tidak hanya berhasil membawa Huda Rachma Grupindo
menjadi salah satu produsen tas promosi yang cukup ternama di Indonesia, namun
Ia juga memberikan lapangan kerja bagi seribu karyawan di sekitar pabriknya.
Semoga informasi kisah pengusaha sukses yang admin angkat ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi
seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Jangan pernah
takut melangkah, dan ciptakan peluang usaha di sekitar Anda.