--> Skip to main content

Kolom iklan

Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk Bisnis Anda

Penentuan harga jual produk bisnis
Sebagai pemula dalam dunia bisnis sering kali kita dibingungkan dengan penetapan harga jual produk kita sendiri. Ingin untung besar tapi kuatir tidak laku, harga murah takut ternyata cuma kerja bakti karena kurang laba. Di bawah ini dibahas mengenai faktor yang menentukan harga jual produk bisnis anda. Semoga sharing wawasan ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat pemula dalam berbisnis. Oya jangan lupa selalu survey dan riset ulang dalam memulai bisnis realitas, update biaya saat ini dan mungkin ada perhitungan yang kurang akurat dalam perencanaan bisnis awal. Oya Penentuan Harga sangat penting dalam setiap bisnis.

Peran harga cukup mendominasi dalam proses penjualan. Bahkan bagi sebagian besar masyarakat, besarnya harga barang ataupun jasa yang ditawarkan cukup mempengaruhi keputusan pembelian setiap konsumen. Sehingga tidak heran bila dalam menjalankan bisnis, urusan penetapan harga produk menjadi salah satu hal riskan yang harus diperhatikan para pelaku usaha dengan mempertimbangkan banyak faktor.
Lalu, kira-kira faktor apa saja yang perlu diperhatikan para pelaku usaha dalam menentukan harga jual produknya?

Berikut ini admin informasikan kepada para sahabat pembaca mengenai beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan para pelaku usaha sebelum menentukan harga jual produk maupun jasa.

Tentukan Dulu Besar Laba yang Diinginkan
Dalam menentukan harga jual sebuah produk, kesalahan yang sering dilakukan para pemula yaitu terlalu fokus memikirkan besarnya biaya produksi tanpa memperhatikan seberapa besar laba usaha yang ingin mereka dapatkan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula harus mengalami kerugian cukup besar dalam mengawali sebuah usaha. Karena itu, sebelum menentukan harga jual sebuah produk, pastikan bahwa Anda telah menentukan besarnya laba yang diinginkan, agar kedepannya Anda juga bisa menikmati keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.

Sesuaikan Dengan Kemampuan Konsumen
Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bila Anda menyesuaikan harga tersebut dengan kemampuan konsumen (target pasar) yang Anda bidik. Bila Anda membidik konsumen kelas bawah, maka pemilihan harga murah menjadi prioritas utama yang perlu Anda perhatikan. Namun bila Anda membidik konsumen kelas atas, mereka cenderung kurang peka terhadap harga produk yang ditawarkan, karena yang menjadi prioritas utama mereka adalah kualitas produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, lakukan survey pasar untuk mengamati kemampuan setiap konsumen.

Mempertimbangkan Biaya Produksi
Selain memikirkan besarnya laba yang diinginkan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya produksi yang dibutuhkan. Dalam hal ini tentunya tidak hanya biaya yang terlihat saja yang perlu Anda hitung, beberapa biaya lain yang tak terlihat seperti biaya sewa tempat, biaya transportasi (bensin), biaya promosi produk (brosur, kartu nama, internet, dll), perlu Anda perhatikan agar hasil kerja keras Anda tidak mendapatkan kerugian semata.

Memperhatikan Harga Jual Kompetitor
Perbandingan Harga jual kompetitor
Terkadang kompetitor menjadi alat ukur yang cukup efektif untuk menentukan harga jual produk. Anda bisa membandingkan harga jual produk Anda dengan produk pesaing yang sebanding. Apabila produk yang Anda tawarkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, maka tidak ada salahnya bila Anda memasarkan produk tersebut dengan harga jual yang lebih mahal. Atau bila ingin mudah bersaing dapat ditawarkan dengan harga lebih murah dengan kualitas yang sama.

Awasi Pergerakan Harga di Pasaran
Setelah melakukan launching produk ke pasaran, langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu memonitoring pergerakan harga secara berkelanjutan. Strategi ini penting karena setiap harinya harga bahan baku di pasaran juga mengalami pasang surut perubahan harga. Jadi, sebagai seorang pelaku usaha Anda juga harus jeli melihat perkembangan pasar dan pintar-pintar menyiasati keadaan. Apabila kondisinya memang sudah tidak bisa diakali lagi, maka keputusan untuk menaikan harga jual menjadi salah satu alternatif yang perlu Anda ambil.

Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang mengangkat faktor utama dalam menentukan harga jual ini bisa memberikan manfaat bagi sahabat pembaca. Semoga hal ini bisa membantu para pemula yang sedang bingung menentukan harga jual produk-produknya. Mari kita sama-sama belajar dan berjuang menjadi wirausaha yang berhasil. Amiin.. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.