Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk Bisnis Anda
Sebagai pemula dalam dunia bisnis sering kali kita
dibingungkan dengan penetapan harga jual produk kita sendiri. Ingin untung
besar tapi kuatir tidak laku, harga murah takut ternyata cuma kerja bakti karena kurang laba.
Di bawah ini dibahas mengenai faktor yang menentukan harga jual produk
bisnis anda. Semoga sharing wawasan ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat pemula
dalam berbisnis. Oya jangan lupa selalu survey dan riset ulang dalam memulai
bisnis realitas, update biaya saat ini dan mungkin ada perhitungan yang kurang akurat dalam perencanaan bisnis awal. Oya Penentuan Harga sangat penting dalam setiap
bisnis.
Peran harga cukup mendominasi dalam proses penjualan. Bahkan bagi sebagian besar masyarakat, besarnya harga barang ataupun jasa yang ditawarkan cukup mempengaruhi keputusan pembelian setiap konsumen. Sehingga tidak heran bila dalam menjalankan bisnis, urusan penetapan harga produk menjadi salah satu hal riskan yang harus diperhatikan para pelaku usaha dengan mempertimbangkan banyak faktor.
Peran harga cukup mendominasi dalam proses penjualan. Bahkan bagi sebagian besar masyarakat, besarnya harga barang ataupun jasa yang ditawarkan cukup mempengaruhi keputusan pembelian setiap konsumen. Sehingga tidak heran bila dalam menjalankan bisnis, urusan penetapan harga produk menjadi salah satu hal riskan yang harus diperhatikan para pelaku usaha dengan mempertimbangkan banyak faktor.
Lalu, kira-kira faktor apa saja yang perlu diperhatikan para
pelaku usaha dalam menentukan harga jual produknya?
Berikut ini admin informasikan kepada para sahabat pembaca
mengenai beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan para pelaku usaha
sebelum menentukan harga jual produk maupun jasa.
Tentukan Dulu Besar Laba yang Diinginkan
Dalam menentukan harga jual sebuah produk, kesalahan yang
sering dilakukan para pemula yaitu terlalu fokus memikirkan besarnya biaya
produksi tanpa memperhatikan seberapa besar laba usaha yang ingin mereka
dapatkan. Hal inilah yang terkadang membuat para pemula harus mengalami
kerugian cukup besar dalam mengawali sebuah usaha. Karena itu, sebelum
menentukan harga jual sebuah produk, pastikan bahwa Anda telah menentukan
besarnya laba yang diinginkan, agar kedepannya Anda juga bisa menikmati
keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan.
Sesuaikan Dengan Kemampuan Konsumen
Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya bila Anda
menyesuaikan harga tersebut dengan kemampuan konsumen (target pasar) yang Anda
bidik. Bila Anda membidik konsumen kelas bawah, maka pemilihan harga murah
menjadi prioritas utama yang perlu Anda perhatikan. Namun bila Anda membidik
konsumen kelas atas, mereka cenderung kurang peka terhadap harga produk yang
ditawarkan, karena yang menjadi prioritas utama mereka adalah kualitas produk
yang Anda tawarkan. Untuk itu, lakukan survey pasar untuk mengamati kemampuan
setiap konsumen.
Mempertimbangkan Biaya Produksi
Selain memikirkan besarnya laba yang diinginkan, Anda juga
perlu mempertimbangkan biaya produksi yang dibutuhkan. Dalam hal ini tentunya
tidak hanya biaya yang terlihat saja yang perlu Anda hitung, beberapa biaya
lain yang tak terlihat seperti biaya sewa tempat, biaya transportasi (bensin),
biaya promosi produk (brosur, kartu nama, internet, dll), perlu Anda perhatikan
agar hasil kerja keras Anda tidak mendapatkan kerugian semata.
Memperhatikan Harga Jual Kompetitor
Terkadang kompetitor menjadi alat ukur yang cukup efektif
untuk menentukan harga jual produk. Anda bisa membandingkan harga jual produk
Anda dengan produk pesaing yang sebanding. Apabila produk yang Anda tawarkan
memiliki nilai jual yang lebih tinggi, maka tidak ada salahnya bila Anda
memasarkan produk tersebut dengan harga jual yang lebih mahal. Atau bila ingin mudah bersaing dapat ditawarkan dengan harga lebih murah dengan kualitas yang sama.
Awasi Pergerakan Harga di Pasaran
Setelah melakukan launching produk ke pasaran, langkah
berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu memonitoring pergerakan harga
secara berkelanjutan. Strategi ini penting karena setiap harinya harga bahan
baku di pasaran juga mengalami pasang surut perubahan harga. Jadi, sebagai
seorang pelaku usaha Anda juga harus jeli melihat perkembangan pasar dan
pintar-pintar menyiasati keadaan. Apabila kondisinya memang sudah tidak bisa
diakali lagi, maka keputusan untuk menaikan harga jual menjadi salah satu
alternatif yang perlu Anda ambil.
Semoga informasi tips pemasaran bisnis yang mengangkat
faktor utama dalam menentukan harga jual ini bisa memberikan
manfaat bagi sahabat pembaca. Semoga hal ini bisa membantu para pemula yang sedang bingung
menentukan harga jual produk-produknya. Mari kita sama-sama belajar dan berjuang menjadi wirausaha yang berhasil. Amiin.. :)