Pentingnya Brand Awareness Bagi Bisnis Anda
Anda memiliki Merk untuk produk usaha anda? Atau anda
memiliki Nama untuk usaha jasa anda? Yup betul! Merk atau Brand dalam bahasa
Inggrisnya sangatlah penting bagi kemajuan bisnis anda. Pernah dengar istilah
Brand Awareness? Ketahuilah pentingnya Brand awareness bagi bisnis anda. Brand awareness? Mungkin banyak pebisnis yang
belum familiar dengan istilah tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahuinya dan
ingin merasakan dampak luar biasa dari kekuatan sebuah Brand atau merk silahkan
menyimak artikel ini.
Yang dimaksudkan dengan brand awareness adalah kemampuan
calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek.
Dalam hal ini tentunya bisa meliputi nama, gambar/ logo, serta slogan tertentu
yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk-produknya.
Bisa dikatakan, brand awareness menjadi salah satu faktor
penting yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya.
Sebab, tak bisa kita pungkiri bila semakin banyak konsumen yang mengingat brand
produk Anda, maka semakin besar pula intensitas pembelian yang akan mereka
lakukan.
Menurut Aaker, brand awareness sendiri didefinisikan menjadi
3 tingkatan, yakni sebagai berikut :
1.
Brand recognition (pengenalan), merupakan
tingkatan yang paling rendah, dimana para konsumen baru mengenal sebuah merek
dan masih membutuhkan alat bantu untuk bisa mengingat merek tersebut.
2.
Brand recall (mengingatkan kembali), kesadaran
merek langsung muncul di benak para konsumen setelah merek tertentu disebutkan.
Berbeda dengan recognition yang membutuhkan alat bantu, brand recall hanya
membutuhkan pengulangan/ penyebutan ulang untuk mengingat merek produk.
3.
Top of mind (puncak), adalah tingkatan tertinggi
dimana merek tertentu telah mendominasi benak para konsumen, sehingga dalam
level ini mereka tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenali merek
produk tertentu.
Untuk bisa sampai ke level top of mind, tentunya dibutuhkan
strategi promosi khusus untuk menanamkan brand produk yang cukup kuat. Lalu,
kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda jalankan untuk membangun brand
awareness dalam benak pelanggan? Berikut kami informasikan tips pemasaran
sederhana yang bisa Anda jalankan dari sekarang.
·
Pastikan bahwa nama brand yang Anda usung cukup
mudah diingat para konsumen. Contohnya saja seperti merek air mineral “Aqua”
yang sekarang ini menjadi top of mind dari produk air mineral.
·
Buatlah pesan unik yang membedakan merek Anda
dengan produk kompetitor. Strategi promosi seperti ini bisa kita lihat dari
kesuksesan produk biscuit Oreo, dimana sang pelaku pasar memperkenalkan cara
makan oreo yang unik, dan sengaja menggunakan model anak untuk membidik pangsa
pasar yang diinginkan (konsumen anak-anak).
·
Menggunakan slogan atau jargon yang membantu
konsumen untuk mengingat brand. Strategi promosi seperti ini bisa kita lihat
dari kesuksesan iklan Indomie. Dimana sang produsen mengusung slogan
“Indomie..Seleraku!” yang sekaligus bisa membantu para konsumen untuk mengingat
brand mereka.
·
Pilihlah logo atau simbol yang dapat dihubungkan
dengan brand produk. Contohnya saja seperti kesuksesan logo McDonald’s yang
menggunakan lambang menyerupai huruf “m” berwarna merah, sesuai dengan huruf
awal yang tertera pada nama brand mereka.
·
Lakukan pengulangan untuk mempertajam ingatan
para konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menjadi sumber inspirasi bagi mereka,
meningkatkan daya tarik brand Anda dimata para konsumen, merangkul konsumen
dalam kegiatan promosi, dan berkomitmen untuk melibatkan brand tersebut dalam
setiap kegiatan.
Semoga informasi tips pemasaran yang admin angkat pada pekan
ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi setiap pembaca dan semoga bermanfaat bagi kemajuan bisnis sobat dimanapun berada.