Strategi Promosi Online Via Google Plus
Biasanya anda hanya memakai jejaring sosial Facebook atau twitter untuk
promosi online bukan? Tahukah sobat bahwa Google plus pun memiliki potensi
untuk promosi online dan memiliki segmen pasar yang lebih go international,
karena saat ini banyak pengguna jejaring sosial di luar negeri (maksudnya bule)
yang menyenangi Google Plus. Yang menjadi pertanyaannya adalah Bagaimana strategi promosi online via Google Plus yang harus kita lakukan? Tentu
kapasitas Facebook dan Twitter tetap bisa kita andalkan tapi dengan menambah
area promosi online via Google Plus akan menambah peluang sales kita menjadi
bertambah.
Melihat pertumbuhan bisnis online di berbagai negara
perkembangannya semakin hari semakin pesat, sekarang ini tak hanya Facebook dan
Twitter saja yang sering dijadikan para pelaku usaha sebagai media promosi
online yang cukup efektif.
Kehadiran situs pertemanan buatan Google, yakni Google+
ternyata cukup menyita perhatian para pengusaha. Sehingga tidak heran bila
belakangan ini banyak pelaku bisnis online yang mulai menggunakan Google plus
untuk mempromosikan produk unggulan mereka di ranah maya. Apakah anda tertarik dengan strategi promosi online via Google Plus? Silahkan simak uraian berikutnya.
Tidak hanya sekedar menjadi media sosial, sekarang ini
Google+ dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang cukup memudahkan para pelaku
usaha untuk mempromosikan peluang bisnisnya di dunia maya. Sebut saja seperti
fitur events, circles, photos, communities, serta +1, yang bisa digunakan para
pelaku bisnis online untuk berinteraksi dengan para konsumen baik di pasar
lokal maupun pasar global.
Nah, agar Anda bisa mempromosikan produk bisnis Anda dengan
optimal. Berikut ini kami informasikan lima strategi promosi online menggunakan
Google plus yang bisa Anda coba jalankan dari sekarang.
Pertama,
Manfaatkan fitur circles untuk menjaring calon
pelanggan. Dengan menggunakan fitur circles yang bisa kita temui di situs
Google+, Anda bisa menjaring konsumen sesuai dengan minat/ hobi, jangkauan
daerah, usia konsumen, dan lain sebagainya. Melalui strategi tersebut, Anda
bisa memilah-milah konsumen dan mengirimkan pesan promosi sesuai dengan
kebutuhan pelanggan. Jadi, konten Anda akan lebih dihargai karena promosi yang
ditawarkan sesuai dengan target pasar yang hendak Anda bidik.
Kedua,
Buatlah Google+ page untuk menghimpun banyak
penggemar. Seperti halnya fasilitas Fanpage di situs jejaring sosial Facebook,
Google juga meluncurkan Google+ Page untuk bisa merekrut fans atau penggemar
sebanyak-banyaknya dengan memberikan +1 ke halaman (Page) yang Anda miliki.
Dengan begitu, Anda bisa berinteraksi dengan konsumen atau penggemar Anda
dengan cara yang cukup menarik, sehingga mereka tidak segan-segan untuk semakin
loyal dengan produk Anda.
Ketiga,
gunakan fitur communities untuk bergabung dengan
komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda. Tak hanya memberikan kemudahan bagi
para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan para penggemarnya melalui fitur
Google+ page, Anda juga bisa menggunakan fitur communities untuk mendapatkan
tambahan pengetahuan di bidang usaha yang Anda jalankan dan membangun jaringan
bisnis dengan para pelaku usaha serupa.
Keempat,
peluang terjadinya pemasaran dari mulut ke mulut
semakin terbuka lebar. Dalam sebuah situs pertemanan, kita bisa merekomendasi
teman, keluarga, atau kenalan agar bisa bergabung dengan akun yang kita miliki.
Tak terkecuali dalam menggunakan akun Google+, kita bisa merekomendasikan
teman, keluarga, dan kenalan mereka untuk mengklik tombol +1 pada akun Google+
Anda ataupun halaman website yang Anda postingkan. Dengan strategi tersebut,
aktivitas Anda akan terlihat dalam beranda Google+ sehingga tidak menutup kemungkinan
bila ada beberapa teman Anda yang akhirnya tertarik memberikan komentar atau
menyebarluaskan berita yang Anda postingkan.
Kelima,
Notification memudahkan pelaku usaha yang melakukan
promosi menggunakan Google+. Seperti halnya situs sosial media lainnya yang
dilengkapi dengan notification berupa pemberitahuan tentang kegiatan terbaru di
akun Anda, Google+ juga mengingatkan Anda setiap kali seseorang men-klik +1
halaman Anda, membuat, berbagi, atau mengomentari sebuah konten, menambahkan
Anda ke lingkaran, atau menyebut nama Anda pada sebuah post di Google+. Fitur
tersebut tentunya memudahkan Anda untuk memantau kapan para konsumen mengikuti
merek Anda di Google+ sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan mereka
secepatnya.
Meskipun saat ini Google+ belum dikhususkan untuk para
pebisnis, namun tidak ada salahnya bila kita mulai mencoba menggunakan akun
Google+ untuk mempromosikan produk kita di dunia maya selain Facebook dan twitter bukan?
Semoga dapat menjadi bahan inspirasi bagi kawan-kawan seperjuangan di seluruh Indonesia.. :)