Mengenal Perilaku Konsumen Dalam Dunia Bisnis
Bila anda ingin memancing ikan tentunya anda diharuskan
mengenal jenis ikan apa saja yang ada di kolam, danau atau sungai tempat anda memancing. Begitu pula dalam bisnis. Semakin baik
anda mengenal jenis dan perilaku konsumen maka semakin besar peluang bisnis
anda berkembang. Mengenal perilaku konsumen dalam dunia bisnis mutlak
diperlukan. Anda tidak ingin menembak di tempat gelap bukan? Beberapa pakar
yang berpengalaman mengelompokan jenis dan perilaku konsumen dalam beberapa
kelompok seperti yang tertulis di bawah ini.
Sebelumnya sedikit flashback. Peranan konsumen sangatlah
penting dalam menentukan perkembangan pasar. Apabila produk kita disukai para
konsumen, maka bisa dipastikan bila penjualannya pun bakalan laris manis di
pasaran. Tak hanya rutin melakukan pembelian, konsumen pun tidak
sungkan-sungkan memberikan rekomendasi yang positif kepada orang terdekat yang
mereka kenal. Tidaklah heran bila sukses tidaknya strategi pemasaran sangat
dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang Anda miliki.
Nah, untuk mendapatkan respon positif dari setiap konsumen.
Penting bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu beberapa tipe atau perilaku
konsumen yang menentukan perkembangan pasar bisnis Anda.
Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Menentukan Perkembangan Pasar
Sang Innovators
Yang dimaksudkan dengan sang inovator adalah mereka yang
ingin mendapatkan produk-produk terkini dan berani membayar harga mahal untuk
mendapatkan produk limited edition yang belum beredar massal di pasaran. Anda
bisa memanfaatkan tipe konsumen seperti ini untuk memperkenalkan produk baru ke
konsumen kelas atas, sebab biasanya sang inovator lebih mempertimbangkan
kepuasan dan kualitas barang dibandingkan dengan harga jual yang Anda pasarkan
(sama halnya dengan perilaku konsumen kelas atas). Mereka tidak segan-segan
membayar harga yang terbilang mahal untuk mendapatkan produk terbaik Anda.
Bahkan, mereka tidak ragu untuk merekomendasikan produk Anda pada orang-orang
di sekitarnya bila produk yang Anda pasarkan dirasa cukup berkualitas.
Early Adopters
Bila sang inovator selalu ingin menjadi yang pertama, maka
lain halnya dengan perilaku konsumen early adopter yang mulai tertarik
menggunakan produk tertentu setelah mendapatkan rekomendasi dan melihat manfaat
atau keunggulan produk tersebut. Rekomendasi bisa berdasarkan referensi dari
orang terdekat atau yang lebih dikenal dengan istilah strategi pemasaran word
of mouth, atau bisa juga hasil rekomendasi dari iklan media massa seperti
misalnya internet, televisi, radio, media cetak, dan lain sebagainya.
Early Majority
Yang dimaksudkan dengan perilaku konsumen seperti ini adalah
mereka yang mulai tertarik menggunakan produk-produk tertentu yang sedang
booming di pasaran agar tak dianggap ketinggalan zaman. Mereka melihat manfaat
produk dari pengalaman para konsumen sebelumnya (early adopters), baru kemudian
tertarik untuk ikut membeli produk tersebut.
Late Majority
Bila kelompok konsumen early majority selalu update
produk-produk terbaru, maka lain halnya dengan perilaku konsumen late majority
yang mulai tertarik menggunakan sebuah produk setelah mayoritas orang
menggunakannya. Biasanya perilaku konsumen seperti ini menghendaki harga produk
yang sudah lebih murahm dan mempertimbangkan manfaat serta fasilitas pendukung
lainnya. Mereka mengumpulkan banyak informasi dan mempertimbangkan harga
produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian.
Perilaku Konsumen Laggards
Yang terakhir adalah perilaku konsumen yang paling lamban,
yaitu mereka yang membeli sebuah produk karena tidak ada alternatif lain dan
kisaran harganya juga sangat murah karena produk tersebut sudah mulai
ditinggalkan para konsumen. Di saat konsumen lainnya sedang berburu model
terbaru yang mulai keluar di pasaran, maka kelompok konsumen Laggards lebih
tertarik membeli produk lama untuk mendapatkan harga beli yang paling rendah.
Setelah mempelajari kelima tips pemasaran di atas mengenai perilaku konsumen dalam bisnis dan perkembangan pasar, kini
giliran Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan tipe dan karakter
masing-masing konsumen.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!