5 Kunci Kesuksesan Suatu Produk
Sore ini admin bertemu seorang pelaku usaha yang telah
sukses di bisnis retailnya. Setelah ngobrol ngalor ngidul beliau membuka
rahasia sukses versinya. Menurut Beliau ada 5 kunci kesuksesan suatu produk. Sebuah
produk diharapkan memiliki nilai jual dan daya tarik bagi konsumennya. Bahkan
berbagai upaya dilakukan para pelaku usaha untuk mendongkrak produknya agar
bisa menembus pasar lokal, nasional atau bahkan internasional.
Meskipun begitu, tentunya tidak sembarangan produk bisa
berhasil menembus pasar bebas. Dibutuhkan strategi pemasaran yang handal serta
dukungan faktor-faktor internal untuk meningkatkan nilai jual sebuah produk.
Karenanya agar Anda tak salah langkah dalam mempromosikan produk unggulan Anda.
Berikut ini kami informasikan 5 kunci keberhasilan sebuah produk yang perlu
Anda perhatikan dengan baik.
1. Memiliki pasar yang cukup besar
Sebuah produk dikatakan memiliki pasar yang cukup besar
apabila sudah ada produk lain yang menjadi kompetitornya dan mencoba memberikan
solusi yang sama bagi pangsa pasar yang telah Anda bidik. Indikasi tersebut
menunjukan bahwa respon pasar cukup bagus sehingga banyak kompetitor yang mulai
bermunculan untuk menawarkan produk serupa.
2. Memanfaatkan Teknologi yang sudah ada
Banyak pelaku bisnis yang kurang peduli akan kebutuhan
teknologi, sampai akhirnya mereka menyadari bahwa produknya kalah bersaing
dengan produk lain milik para kompetitor. Meskipun pemanfaatan teknologi
membutuhkan biaya yang cukup besar, namun tidak ada salahnya bila Anda menjalin
kerjasama dengan para investor untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang bisa
meningkatkan nilai jual produk Anda.
3. Memiliki harga jual
yang bersaing
Dari biaya produksi yang dibutuhkan setiap bulannya, para
pengusaha bisa memperkirakan harga jual produk-produknya di pasaran. Apabila
harga jual produk tersebut secara signifikan lebih mahal daripada produk lain
yang serupa, maka produk Anda akan sulit bersaing di pasar bebas. Karena itu
perhitungkan dengan matang biaya produksi yang Anda butuhkan dan tentukan harga
jual yang bersaing, agar produk Anda tak ditinggalkan para konsumennya.
4. Keunggulan produk bisa digambarkan dengan jelas
Bisa dikatakan menjual produk sama saja dengan menjual
keuntungan, bukan hanya menjual sebuah ide. Keuntungan yang dimaksud disini
adalah apa yang memotivasi konsumen untuk membeli produk Anda. Karena itu
gambarkan keunggulan produk Anda secara jelas agak konsumen tidak ragu membeli
produk Anda. Contohnya saja seperti slogan “Rambut hitam berkilau berkat sampo
Pantene” yang memberikan gambaran keuntungan cukup jelas bagi para konsumennya.
5. Petunjuk pemakaian produk yang mudah dipahami
Tak hanya dituntut untuk bisa menggambarkan keunggulan
produk dengan jelas, seorang pengusaha juga harus memastikan bahwa produknya
mudah digunakan setiap konsumen. Penggunaan simbol pada kemasan produk dapat
membantu konsumen untuk memahami petunjuk penggunaan produk. Apabila cara
penggunaan produknya terlalu sulit, tentu hanya akan menambah masalah baru bagi
para konsumen. Untuk itu pastikan petunjuk pemakaian produk mudah dipahami
konsumen, agar produk Anda semakin digemari banyak pelanggan.