--> Skip to main content

Kolom iklan

Pentingnya Excellent Service - Pelayanan Prima Pelanggan

Excellent service
Tidak peduli bisnis anda besar atau kecil, tidak peduli anda seorang penjual gorengan atau pemilik supermarket dimata konsumen keramahan dan pelayanan yang baik akan dikenang baik di hati konsumennya. Inilah pentingnya excellent service – pelayanan prima pelanggan yang harus dimiliki pelaku bisnis. Meraih pelanggan setia adalah kunci keberhasilan pengembangan bisnis anda. Pelayanan acuh dan seenaknya akan membuat pelanggan malas untuk berkunjung kembali. Jangan sungkan menerapkan Excellent service alias pelayanan prima pada pelanggan anda. Anda tentunya ingin usaha anda maju dan berkembang bujan?

Memiliki pelanggan setia tentu menjadi idaman setiap pelaku usaha. Dengan kesetiaan para konsumen, tidak menutup kemungkinan bila bisnisnya bisa berhasil memenangkan persaingan pasar. Karena itulah, tak jarang para pelaku usaha rela memberikan pelayanan prima untuk menjaga kesetiaan para pelanggannya.

Nah, kira-kira langkah apa saja yang bisa dijalankan pelaku usaha untuk memberikan pelayanan prima kepada para pelanggannya? Berikut kami informasikan lima tips memberikan pelayanan prima pada pelanggan, yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Pertama, tahu caranya bagaimana meminta maaf. Meskipun tidak selamanya pelanggan selalu benar, namun mereka selalu ingin menjadi seorang pemenang. Karenanya ketika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan harapan konsumen, segeralah meminta maaf kepada pelanggan Anda agar tidak mengurangi kepuasan para konsumen. Dalam hal ini ada beberapa pelaku usaha yang memilih memberikan diskon atau potongan harga untuk mengganti kesalahan yang mereka perbuat.

kepuasan konsumen
Kedua, sapa pelanggan Anda dengan menyebut namanya. Setiap konsumen tentunya akan senang bila Anda menyapanya dengan menyebut nama mereka. Strategi pemasaran seperti ini bisa menghasilkan kedekatan dengan para konsumen, sehingga mereka mereasa diperhatikan dan dilayani dengan sangat baik. Jika sekiranya konsumen Anda terlalu banyak dan Anda cukup kesulitan menghapalkan nama-nama mereka, maka pilihlah alternatif lain untuk menggunakan panggilan khusus. Seperti misalnya panggilan Juragan, Sista, Kakak, Bos, dan lain sebagainya.

Ketiga, berdayakan setiap konsumen Anda. Sebagai seorang atasan, mungkin tidak selamanya Anda berada di tempat kerja. Karena itu untuk mengoptimalkan pelayanan kepada para pelanggan, berdayakan setiap konsumen anda untuk melayani pelanggan di saat Anda tidak berada di ruang kerja. Berikan kebebasan kepada mereka, agar pelayanan konsumen tetap bisa berjalan meskipun Anda sedang berada di luar kota.

Keempat, dengarkan permintaan konsumen dan lakukan follow up. Ketika mendapatkan masukan atau permintaan khusus dari konsumen Anda, maka dengarkan baik-baik dan segera lakukan follow up agar konsumen Anda tertarik melakukan transaksi pembelian. Contohnya saja bila konsumen Anda meminta Anda menghubungi mereka ketika ada produk baru, maka segeralah menghubunginya agar pelanggan Anda merasa mendapat sambutan baik dari Anda.

Kelima, usahakan untuk memberikan jawaban “Iya” kepada konsumen Anda. Walaupun terkadang konsumen Anda mengajukan permintaan yang cenderung aneh dan cukup menyulitkan Anda, namun sebagai pelaku bisnis usahakan untuk memberikan jawaban “Iya” agar konsumen Anda puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Sampaikan kepada mereka bahwa Anda akan berusaha memenuhi permintaan mereka, dan kalaupun belum memberikan hasil yang optimal namun pelanggan Anda akan tetap berterimakasih atas upaya yang telah Anda berikan.

Simpel bukan? Semoga informasi tips pemasaran yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi para konsumennya. Jadi mari kita ubah pola sikap kita dalam berbisnis menjadi lebih baik lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.