Pentingnya Excellent Service - Pelayanan Prima Pelanggan
Tidak peduli bisnis anda besar atau kecil, tidak peduli anda
seorang penjual gorengan atau pemilik supermarket dimata konsumen keramahan dan
pelayanan yang baik akan dikenang baik di hati konsumennya. Inilah pentingnya
excellent service – pelayanan prima pelanggan yang harus dimiliki pelaku
bisnis. Meraih pelanggan setia adalah kunci keberhasilan pengembangan bisnis
anda. Pelayanan acuh dan seenaknya akan membuat pelanggan malas untuk
berkunjung kembali. Jangan sungkan menerapkan Excellent service alias pelayanan
prima pada pelanggan anda. Anda tentunya ingin usaha anda maju dan berkembang
bujan?
Memiliki pelanggan setia tentu menjadi idaman setiap pelaku
usaha. Dengan kesetiaan para konsumen, tidak menutup kemungkinan bila bisnisnya
bisa berhasil memenangkan persaingan pasar. Karena itulah, tak jarang para
pelaku usaha rela memberikan pelayanan prima untuk menjaga kesetiaan para
pelanggannya.
Nah, kira-kira langkah apa saja yang bisa dijalankan pelaku
usaha untuk memberikan pelayanan prima kepada para pelanggannya? Berikut kami
informasikan lima tips memberikan pelayanan prima pada pelanggan, yang bisa
Anda jalankan dari sekarang.
Pertama, tahu caranya bagaimana meminta maaf. Meskipun tidak
selamanya pelanggan selalu benar, namun mereka selalu ingin menjadi seorang
pemenang. Karenanya ketika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan
harapan konsumen, segeralah meminta maaf kepada pelanggan Anda agar tidak
mengurangi kepuasan para konsumen. Dalam hal ini ada beberapa pelaku usaha yang
memilih memberikan diskon atau potongan harga untuk mengganti kesalahan yang
mereka perbuat.
Kedua, sapa pelanggan Anda dengan menyebut namanya. Setiap
konsumen tentunya akan senang bila Anda menyapanya dengan menyebut nama mereka.
Strategi pemasaran seperti ini bisa menghasilkan kedekatan dengan para
konsumen, sehingga mereka mereasa diperhatikan dan dilayani dengan sangat baik.
Jika sekiranya konsumen Anda terlalu banyak dan Anda cukup kesulitan
menghapalkan nama-nama mereka, maka pilihlah alternatif lain untuk menggunakan
panggilan khusus. Seperti misalnya panggilan Juragan, Sista, Kakak, Bos, dan
lain sebagainya.
Ketiga, berdayakan setiap konsumen Anda. Sebagai seorang
atasan, mungkin tidak selamanya Anda berada di tempat kerja. Karena itu untuk
mengoptimalkan pelayanan kepada para pelanggan, berdayakan setiap konsumen anda
untuk melayani pelanggan di saat Anda tidak berada di ruang kerja. Berikan
kebebasan kepada mereka, agar pelayanan konsumen tetap bisa berjalan meskipun
Anda sedang berada di luar kota.
Keempat, dengarkan permintaan konsumen dan lakukan follow
up. Ketika mendapatkan masukan atau permintaan khusus dari konsumen Anda, maka
dengarkan baik-baik dan segera lakukan follow up agar konsumen Anda tertarik
melakukan transaksi pembelian. Contohnya saja bila konsumen Anda meminta Anda
menghubungi mereka ketika ada produk baru, maka segeralah menghubunginya agar
pelanggan Anda merasa mendapat sambutan baik dari Anda.
Kelima, usahakan untuk memberikan jawaban “Iya” kepada
konsumen Anda. Walaupun terkadang konsumen Anda mengajukan permintaan yang
cenderung aneh dan cukup menyulitkan Anda, namun sebagai pelaku bisnis usahakan
untuk memberikan jawaban “Iya” agar konsumen Anda puas dengan pelayanan yang
Anda berikan. Sampaikan kepada mereka bahwa Anda akan berusaha memenuhi
permintaan mereka, dan kalaupun belum memberikan hasil yang optimal namun
pelanggan Anda akan tetap berterimakasih atas upaya yang telah Anda berikan.
Simpel bukan? Semoga informasi tips pemasaran yang kami
angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan
menginspirasi para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan prima bagi
para konsumennya. Jadi mari kita ubah pola sikap kita dalam berbisnis menjadi
lebih baik lagi.