Tips Marketing Bersaing Dengan Brand Besar
Bila anda pengusaha kecil tetapi telah memiliki pangsa pasar
dan pelanggan tetap, janganlah kuatir bersaing dengan Brand besar. Pelanggan
setia merupakan bukti bahwa bisnis anda diminati masyarakat. Untuk melindungi
kelangsungan bisnis anda maka selayaknya anda menyimak Tips Marketing bersaing
dengan Brand besar di bawah ini. Tuntutan kreatifitas dan inovatif jelas selalu
harus menjadi perhatian utama bagi anda yang ingin bertahan dan bersaing dengan
Brand besar. Apalagi bila anda yakin
dengan kualitas produk yang anda miliki maka persaingan dengan Brand besar
tidak perlu anda kuatirkan. Anda hanya harus menjaga service terhadap pelanggan
dengan baik tentunya. Kuncinya pertahankan pangsa pasar anda.
Pengusaha dengan brand besar sudah memiliki nama sehingga
dengan mudah mereka menarik hati pelanggan. Karenanya para pelaku Pengusaha kecil / UKM harus
pandai untuk melihat peluang pasar tersebut sehingga bisa bersaing dengan
pengusaha dengan brand yang sudah besar. Tak jarang pengusaha kecil merasa
tidak mampu untuk menyaingi para pengusaha dengan brand besar. Padahal
kesempatan bersaing untuk pengusaha kecil juga masih terbuka lebar, peluang
meraih pangsa pasar bisa mereka dapatkan dengan membuat strategi untuk mengembangkan usahanya. Lalu, strategi
pemasaran seperti apa yang perlu dijalankan para pelaku UKM?
Berikut kami informasikan tips pemasaran/marketing bersaing dengan
brand besar yang bisa dijalankan
1. Mengobservasi persaingan
Tidak selamanya persaingan pasar berdampak buruk bagi usaha
kita. Kadang dari kompetitor kita bisa melihat dan belajar kiat-kiat sukses
atau peluang usaha apa yang bisa kita contoh dan bisa kita kembangkan untuk
usaha kita. Yang tidak kalah pentingnya Anda juga perlu mengobservasi
perbandingan kisaran harga agar dapat memiliki peluang menggapai segmen pasar
yang sesuai. Observasi barang atau harga lewat internet akan lebih mudah dan
praktis, Anda bisa dengan mudah mencari dan menemukan sesuatu yang Anda
inginkan.
2. Tampil Unik dan Menarik
Kreatifitas dan inovasi menghadirkan sebuah produk yang
unik. Ini merupakan poin yang sangat penting untuk menarik minat pelanggan.
Produk yang terlihat unik dan menarik akan lebih banyak mengundang minat
pelanggan dibandingkan dengan produk yang tampilannya biasa-biasa saja.
Pelanggan akan lebih suka dan bahkan kembali lagi untuk menikmati produk kita
jika tampilannya lebih menarik.
Jangan Takut bersaing dalam bisnis |
3. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi salah satu
kunci sukses berbisnis. Kepuasan pelanggan akan memberikan dampak yang positif
terhadap kelangsungan suatu usaha. Jika pelanggan merasa puas dengan produk
yang kita tawarkan maka kemungkinan besar mereka akan menikmati kembali produk
kita dan tentunya secara tidak langsung akan menjadi media promosi bagi bisnis
kita.
Hubungan yang baik dengan pelanggan perlu dijaga untuk
menjaga loyalitas para konsumen dan meningkatkan omzet penjualan. Banyak
pelanggan yang enggan kembali dan tidak loyal dengan suatu produk karena mereka
mendapatkan pelayanan yang kurang
memuaskan. Contohnya jika para pelaku brand besar menggunakan customer care
untuk berkomunikasi dengan konsumen, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan
konsumen saat mereka menikmati produk kita atau bisa Anda follow up lewat
handphone ataupun sosial media yang Anda gunakan.
Meskipun modal Anda tidak sebesar modal para pelaku usaha
dengan brand besar, namun tidak menutup kemungkinan bila Anda dapat bersaing
dengan mereka apalagi dengan adanya peran internet yang belakangan ini cukup
memudahkan pelaku UKM untuk mempromosikan produk unggulannya. Yakinlah bahwa
banyak cara menuju kesuksesan.
Ingatlah, Bahwa anda tidak perlu Pintar Tapi anda perlu cerdas dalam berbisnis.. Salam sukses!