Mengirim Email Marketing Tepat Waktu
Bagi anda pebisnis yang sudah akrab dengan dengan
pemanfaatan teknologi internet tentunya mengetahui peran penting email
marketing. Peran penting email email marketing adalah untuk membantu para pebisnis
online untuk promosi produk-produknya. Hanya saja satu hal yang harus diingat
bahwa kita harus mengirim email marketing tepat waktu. Maksudnya selain dikirim
dengan cepat email marketing juga harus dikirim pada waktu-waktu yang tepat. Promosi
via email marketing sudah terbukti dapat menjadi salah satu cara yang efektif
untuk menyampaikan pesan penawaran pada target market yang Anda bidik.
Namun, sebelum mulai menggunakan strategi email marketing,
Anda perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing.
Hal ini penting agar konsumen Anda tidak merasa terganggu dan bisa membaca
informasi penawaran yang Anda sampaikan dengan seksama.
Waktu terlarang yaitu pukul 21.00-22.00 WIB
Pada pukul 21.00-22.00 WIB merupakan salah satu waktu yang
kurang efektif untuk mengirimkan email promosi.
Sebab, pada jam-jam tersebut merupakan waktu istirahat para konsumen.
Karenanya bila Anda memaksakan diri untuk mengirimkan email marketing pada jam
tersebut, hanya akan diabaikan para konsumen. Dan tidak menutup kemungkinan
bila email Anda dianggap sebagai spam oleh sebagian konsumen.
Waktu efektif pada saat mengawali hari kerja
Waktu yang paling populer adalah pada awal hari kerja, yakni
ketika pelanggan mau menerima berbagai macam penawaran dari para pelaku bisnis
online. Biasanya waktu santai para konsumen di pagi hari yaitu memasuki pukul
09.00-10.00 WIB. Pada jam tersebut kesibukan konsumen belum terlalu padat,
sehingga mereka masih sempat untuk membaca pesan penawaran yang Anda kirimkan.
Jam sibuk konsumen
Pada pukul 10.00-12.00 WIB merupakan waktu tersibuk bagi
para konsumen. Biasanya mereka sedang konsentrasi pada pekerjaannya dan tidak
sempat membuka email marketing yang Anda kirimkan. Karena itu, sebaiknya
hindari mengirimkan email marketing pada jam-jam tersebut.
Jangan ganggu konsumen pada saat jam makan siang
Ketika memasuki jam istirahat makan siang, para konsumen
lebih senang menghabiskan waktu mereka untuk membuka surat kabar dan majalah
langganan mereka dibandingkan harus membuka email marketing yang Anda kirimkan.
Oleh sebab itu, agar penawaran yang Anda kirimkan bisa lebih efektif, sebaiknya
hindari aktivitas pengiriman email marketing pada jam-jam makan siang.
Peluang di jam lembur
Meskipun pukul 17.00-19.00 WIB tak sedikit konsumen yang
masih bekerja di depan computer mereka, namun pada jam-jam tersebut merupakan
jangka waktu di mana para konsumen dimungkinkan tertarik untuk membuka pesan
promosi yang Anda sampaikan. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan
peluang ini untuk mengirimkan email marketing kepada para konsumen.
Kirimkan penawaran pada jam santai
Jam santai para konsumen biasanya dimulai pada pukul
19.00-22.00 WIB, biasanya penerima lebih mungkin untuk menanggapi pesan promosi
yang dikirimkan para pelaku usaha. Dalam
hal ini penawaran yang cukup sering ditanggapi adalah penawaran produk fashion,
kesehatan, makanan ringan, serta kebutuhan primer lainnya.
Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan email
marketing, kini giliran Anda untuk menerapkannya langsung di lapangan dan
mendatangkan transaksi penjualan yang cukup besar setiap bulannya. Semoga artikel mengirim Email Marketing tepat waktu dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca.