Peran Penting Deskripsi Produk Di Toko Online
Kembali membahas perihal seluk beluk Toko Online. Banyak
sekali Toko Online yang sukses dan banyak pula Toko Online yang jalan di
tempat. Perlu diketahui selain masalah desain dan produk ternyata peranan
deskripsi produk memiliki peranan penting. Kesalaha menulis deskripsi produk
di Toko Online bisa mengakibatkan kerugian pada omzet dan pertumbuhan Toko
online anda. Jadi jangan pernah menganggap enteng peran deskripsi produk pada
Toko online anda. Tahukah kawan peran penting deskripsi produk di Toko Online? Semakin baik anda mendeskripsikan produk yang anda jual maka
senakin besar peluang produk itu terjual, Apalagi didukung dengan gambar-gambar
produk yang indah dan eksklusif. Semakin detail Toko Online menjelaskan produk
dagangannya, maka semakin besar pula kemungkinannya untuk mendatangkan
transaksi penjualan setiap harinya.
Selain penampilan gambar yang menarik, deskripsi produk
menjadi salah satu alat bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Ketika
mereka memahami deskripsi produk yang Anda tuliskan, maka secara tidak langsung
akan menimbulkan ketertarikan pada calon konsumen. Sehingga tidak menutup
kemungkinan bila akhirnya mereka melakukan transaksi pembelian setelah membaca
deskripsi produk yang Anda tuliskan.
Nah, agar Anda tak salah langkah dalam menuliskan deskripsi
produk. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan beberapa tips bisnis
online yang membahas lima kesalahan umum yang sering dilakukan para pebisnis
online dalam menuliskan deskripsi produknya.
Pertama, terlalu menonjolkan keunggulan produk. Banyak
pelaku bisnis toko online yang terlalu membanggakan fitur dan keunggulan fisik
yang dimiliki produk-produknya. Padahal, informasi yang dibutuhkan para pembeli
adalah kegunaan dan fungsi dari produk Anda. Karenanya ketika Anda
menggambarkan keunggulan fisik dengan berlebihan, justru hanya akan membuat
mereka meninggalkan toko online Anda karena belum yakin dengan fungsi atau
kegunaan produk Anda.
Kedua, copy paste deskripsi produk dari produsennya.
Kesalahan seperti ini sering dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai
reseller maupun dropshipper. Biasanya untuk melengkapi promosinya, mereka
melakukan copy-paste terhadap deskripsi produk yang mereka dapat dari pabrik
sang pembuat produk atau pihak pemasok. Tentunya ini tidak dianjurkan dalam
mempromosikan produk secara online, sebab langkah ini hanya akan menyebabkan
sebuah barang memiliki deskrispsi produk yang sama meskipun dijual oleh
reseller atau dropshipper yang berbeda. Oleh sebab itu, ada baiknya bila Anda
mendeskripsikan produk menggunakan kalimat sendiri dan lebih menonjolkan
manfaat produk.
Ketiga, deskripsi produk kurang jelas. Tak sedikit pelaku
bisnis toko online yang mendeskripsikan produk unggulannya dengan menggunakan
istilah di bidang tertentu yang masih jarang dipahami orang. Meskipun ini bisa
menunjukkan profesionalitas toko online Anda, namun yang perlu Anda ketahui
adalah tidak semua orang memahami istilah-istilah yang Anda gunakan. Karenanya,
ceritakanlah produk Anda dengan bahasa umum yang dapat dipahami dengan mudah
oleh orang banyak.
Keempat, deskripsi produk terlalu panjang. Meskipun
deskripsi produk yang jelas bisa memudahkan konsumen untuk memahami kegunaan
produk Anda, namun bukan berarti deskripsi yang Anda tuliskan harus panjang
hingga beberapa halaman. Sebab, penyampaian deskripsi produk yang terlalu
panjang hanya akan membuat calon konsumen enggan dan malas membacanya dan
sangat berpotensi membuat buyer tidak jadi melakukan transaksi pembelian.
Kelima, menggunakan bahasa alay. Untuk menjalin kedekatan
dengan konsumennya, seorang seller memang tidak dituntut untuk menggunakan
bahasa formal yang sesuai dengan EYD. Namun, tentunya bukan berarti para pelaku
bisnis online boleh menggunakan tata bahasa alay yang penuh dengan singkatan
dan penggunaan kode-kode tertentu. Kesalahan ini perlu Anda hindari karena akan
mengurangi kredibilitas toko online Anda di mata para calon konsumen.