Berterimakasih Pada Buyer Merupakan Cara Kreatif Bisnis di Online Shop
Bisnis Toko online ataupun istilah bekennya Online Shop
perlu seervice khusus terhadap pembeli ataupun buyer. Mulai dari penawaran
produk, tampi;an dan deskripsi produk, testimoni pembeli ataupun ucapan terima
kasih. Nah point terakhirlah yang ingin Admin Fortune 99 bahas yaitu Berterimakasih
Pada Buyer Merupakan Cara Kreatif Bisnis di Online Shop. Pentingkah itu? Bagi anda
yang tertarik coba simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Dalam bisnis, baik offline maupun online, kegiatan jual-beli
tidak berakhir ketika buyer melunaskan pembayaran terhadap pembelian sebuah
produk dari seller. Ber Jual Beli secara online tidak hanya sebatas itu. Poin
penting yang perlu diperhatikan seller adalah bagaimana menjaga hubungan baik
dengan buyer, meskipun transaksi telah selesai. Selain untuk menciptakan repeat
order, menjaga silaturahmi dengan buyer dapat menciptakan kesan seller yang
bersahabat dan tidak money-oriented.
Menurut Lauren Hill, Video-Production, salah satu cara untuk
menjaga hubungan baik adalah dengan berterima kasih kepada buyer yang pernah
melakukan pembelian. Ada beberapa bentuk apresiasi kepada buyer yang bisa
dilakukan seller.
Thank-You Cards
Cara paling sederhana adalah dengan mengirimkan kartu ucapan
terima kasih kepada buyer setelah melakukan transaksi. Ucapan terima kasih ini
tidak harus berbentuk kartu secara fisik. Dalam bisnis online, ucapan terima
kasih bisa dalam bentuk e-card atau ucapan yang didesain sedemikian rupa dan
dikirimkan seller kepada buyer melalui surat elektronik.
Pemberian merchandise atau produk terbaru secara gratis
Tak ada orang yang tidak menyukai barang gratisan. Apresiasi
seller kepada buyer bisa berbentuk pemberian produk atau merchandise secara
cuma-cuma. Di setiap akhir bulan, seller bisa menunjuk “buyer of the month”
yang bertransaksi di bulan itu. Karena telah melakukan pembelian, buyer
mendapatkan merchandise gratis.
Penyebutan nama buyer di media sosial
Seller bisa menunjukkan apresiasinya kepada buyer melalui
media sosial, misalnya dengan me-mention akun Twitter buyer usai transaksi.
Selain ucapan terima kasih, seller bisa menyampaikan ucapan-ucapan lainnya
melalui media sosial dengan cara me-mention atau men-tag akun media sosial
buyer . Contohnya, seller mengucapkan selamat ulang tahun dengan cara men-tag
akun Facebook buyer yang membeli secara rutin di toko online.
Pemberian potongan harga pada momen-momen spesial
Bentuk lain apresiasi seller dapat diwujudkan melalui
pemberian bonus atau diskon selama special occasion, misalnya hari ulang tahun
atau hari raya yang diperingati buyer. Diskon pada momen-momen spesial ini akan
membuat buyer merasa dihargai oleh seller.
Rekaman ucapan terima kasih dari pemilik toko online
Seller, alias pemilik langsung toko online, bisa berterima
kasih kepada para buyer melalui video. Rekaman saat seller mengucapkan terima
kasih ini disebarkan melalui surat elektronik kepada para buyer . Video adalah
cara yang paling efektif dalam menunjukkan sisi emosional. Oleh karena itu,
ucapan terima kasih yang disampaikan secara apik dalam video dapat membangun
ikatan psikologis yang baik antara seller dan buyer .