--> Skip to main content

Kolom iklan

Mau usaha Minim Modal? Coba jasa Laundry Kiloan

Bisnis Laundry kiloan
Bagi sobat-sobat Fortune 99 yang mau buka usaha tapi minim modal coba pilih jenis usaha jasa saja kawan. Saran admin kenapa tidak mencoba saja bisnis yang satu ini. Dengan kata lain. Mau usaha minim modal? Coba jasa laundry kiloan. Lah bisnis laundry! Eits! Jangan nganggap sepele kawan. Kenapa? Nih admin kasih masukan tentan peluang bisnis jasa laundry kiloan. Selintas kalau dilihat dari luarnya aja, mungkin jasa laundry tidak terlalu menguntungkan. Tapi jangan salah, dengan modal sekitar 15jt. Sobat bisa menghasilkan income sekitar +/- 3jt perbulan. Mau tau?? Oke mari kita bahas dengan bahasa yang lebih rileks.

Banyaknya kesibukan dilingkungan masyarakat menjadi hambatan yang sangat signifikan untuk berbagi waktu apa lagi mencuci pakaian yang terbilang memakan tenaga dan waktu. Oleh karena itu banyak sebagian orang yang berfikiran (lebih baik menggunakan jasa tukang cuci). Sebenarnya ada sebagian orang yang memilih membayar assisten rumah tangga untuk sekedar mencucikan pakaian mereka.

Tapi, coba kita hitung berapa pengeluaran yang kita keluarkan untuk assisten rumah tangga kita. Dan bandingkan dengan kita gunakan jasa laundry.

Sebagai contoh, Kata Temen admin nih diibilangan jakarta saja Fee minimum untuk assisten cuci pakaian ( orang yang suka datang ke rumah/kosan nyuciin baju kita) berkisar antara 300 - 400rb perbulan. (paling yang dicuci beberapa helai perhari). Nah coba kalo pakai jasa laundry kiloan, keuntungannya adalah :
1. Ga boros listrik (kan pake listrik mereka )
2. Hemat air (kan pake air mereka hehhe )

Kalo admin biasanya per 1 minggu cuci semua baju itu totalnya sekitar 12kg paling banyak (itu satu keluarga).
Kalo perkilo = Rp. 6000 + strika
6000 x 12 = Rp. 72.000
dikalikan 1 bulan cuma 288.000 coy

Nah maka itu, banyak anggota masyarakat termasuk admin sendiri, lebih memilih jasa Laundry Kiloan dibandingkan menggunakan jasa assisten rumah tangga untuk mencuci pakaian kita.

Beberapa diantara faktor-faktor yang membuat jasa laundry dibutuhkan
  • Banyaknya mahasiswa/I, para pekerja dan bahkan anggota rumah tangga sekitar kita, yang menggunakan jasa Tukang Cuci termasuk saya pribadi.
  • Sulitnya membagi waktu mencuci disela jadwal pekerjaan/pelajaran masyarakat disekitar kita, sehingga jasa Tukang Cuci sangat mereka butuhkan.
"Loh, apa kita dateng kerumah-rumah terus cuciin baju mereka?
"Nggak lah mas bro, lo cukup sediain tempat aja (Bisa rumah pribadi atau sewa kontrakan). Biar mereka yang dateng. Nah ente tinggal kasih pelayanannya aja.

Tapi inget, kita juga perlu prosedur yang perlu kita lihat. Diantaranya:
Banyaknya kebutuhan akan jasa ini, dirasakan banyak kalangan diantaranya
  1. Mahasiswa
  2. Pegawai Kantoran/Pabrik
Dua aspek inilah yang harus kita lihat untuk kita coba membantu memecahkan masalah mereka untuk alasan cuci mencuci. Sewalah 1 Kontrakan disekitar wilayah KOST, Pabrik. Dengan syarat, kontrakannya harus luas lahan cucinya.

Jasa laundry kiloan itu tidak terlalu menjamur kayak usaha lainnya. Tapi yang namanya persaingan, harus dipikirkan baik-baik, strategi apa yang kita pakai dalam usaha kita.

Peluang bisnis laundry kiloan
Hmmmm, mungkin sobat bisa nawarin jasa antar jemput (bebas biaya) untuk costumer yang mau pakai jasa kita. Dan yang pasti, hasil cuci harus lebih bagus dari jasa Laundry yang lain.
Pakai standar prosedur kerjanya orang sukses. Buka pagi, tutup sore
Pagi siap terima pakaian masuk.
Dan waktu matahari nongol, siap cuci  yaaaaa, sama lah kayak ente mau cuci baju sendiri.

Konsekwen, Komitmen, Jujur dan Tanggung Jawab.
Itu kunci kalo usaha sobat mau berkembang
Dengan modal +/- 15jt sobat bisa dapet 3 mesin cuci, beserta peralatan setrika baju (sorry ini hasil survey admin agak kadaluwarsa tahun 2012 tahun kemaren). Itu sudah Include Detergen dan Pewangi lainnya.
Apa lagi katanya sekarang ada alat namanya EcoBall, yang bisa dipakai cuci tanpa pakai detergen lagi (search aja digoogle)

- Mesin cuci Dry Wash 80% 2 unit
- Keranjang baju Box
- Setrika
- Papan setrika
- Plastik Kresek
- Plastik bening (Untuk packaging)
- Pewangi 1 Drigen (kalo main bungkusan tekor gan)
- Parfum setrika
- Spanduk
- Stempel
- STT Laundry
- Brosur (untuk memudahkan promosi)
- Kartu Nama (tau lahhh yaa)

Harga bisa sobat estimasi sendiri
Nah biaya bulanan paling cuma:
- Detergen (EcoBall sangat disarankan untuk meminimalisir pengeluaran)
- Pewangi pakaian
- Pelicin pakaian
- Pengharum pakaian (Kiss Pray)
- Plastik roll
- Plastik kresek
- STT Laundry
- Bensin operasional
- Bulanan kontrakan
- Listrik
- Gaji Karyawan

Mari kita hitung:
Dengan jasa cuci perkilogram (timbang dalam kondisi kering) itu rata-rata berkisar antara 5000-6000/kg diseluruh Indonesia bagian manapun
Hasil survey admin, dari beberapa tempat yang pernah didatengin.
Meraka bisa dapet minimal 20kg/hari.
Itu mereka cuma duduk nunggu costumer.
Coba kalo kita pakai jurus "MARKETING", berapa kilogram pakaian yang masuk perhari? tapi, ente harus rela antar-jemput ketempat-tempat yang udah sobat market. Perlu diinget nih..
Jangan market terlalu jauh dari jangkauan markas ente. Maksimal 15km lahh

Dengan jasa market, otomatis penghasilan sobat bertambah dari 20kg/hari mungkin jadi 30kg atau sukur2 100kg perhari
Belum lagi Karpet, Bed Cover, Sarung bantal, Selimut, Anduk. Beda lagi tuh harganya. Yang pasti makin buat income ente naik.

"Kita itung tengahnya aja":
Perhari pakaian kotor yang masuk 30kg/hari.
Kalo 30kg dikalikan 6000 = Rp. 180.000
180.000 dikalikan 30hari = Rp. 5.400.000
Belum lagi dari Karpet, Bed Cover, Sarung bantal, Selimut, Anduk.
Terus potong pengeluaran perbulan

Nah makanya itu, aspek pemasaran juga menunjang penghasilan ente.
Dibilangan anak kos, dan pabrik itu paling bagus

Admin Fortune 99 saranin, jangan kerja sendiri. Selain mustahil, pasti tenaga ente ga akan kuat hehehe. Betul kan?.. 
jadi mending pakai jasa assisten rumah tangga. Gaji sih masalah anda kawan. Tapi sebesar-besarnya gaji assisten cuci cuma 500rb/bulan. Masalah cuci serahin sama mereka, disamping biar sobat ga terlalu cape, mereka kan lebih ahli dalam hal ini. Tapi tetep, dibawah aturan kerja yang udah sobat buat. 
Kalau admin ada salah-salah perhitungan silahkan sobat estimasi ulang perhitungan di atas. Jangan males ye.. coba survey ulang dan ngitung sendiri. hehe.. Selamat mencoba peluang bisnis Laundry kiloan ini kawan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.